Pemprov Upayakan Sampah Jadi Sumber Energi Listrik - RILIS.ID
Pemprov Upayakan Sampah Jadi Sumber Energi Listrik
Bayumi Adinata
Rabu | 31/07/2019 22.41 WIB
Pemprov Upayakan Sampah Jadi Sumber Energi Listrik
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi/FOTO BAYUMI ADINATA RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, BANDARLAMPUNG – Pemprov Lampung terus mematangkan rencana pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Sampah di Gedong Wani Kabupaten Lampung Timur. Ditargetkan, pembangunannya segera terwujud pada 2020 dengan anggaran sebesar Rp90 Miliar yang bersumber dari APBN.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, nantinya sampah yang ada di TPA regional tersebut akan diolah menjadi sumber energi listrik.

”Nantinya jika sudah beroperasi, dari sampah-sampah di sana akan menghasilkan energi listrik hingga 25 Megawatt,” ujarnya usai meresmikan kapal pembersih sampah KM Telok Betong di Pelabuhan Internasional Panjang, Bandarlampung, Rabu (31/7/2019).

Sementara, Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Lampung Intizam mengatakan, sudah ada investor yang akan mendukung pembangunan pabrik pengolahan sampah sebagai sumber energi listrik.

”Mereka (investor) mau meninjau dulu seberapa banyak sampah yang ada di Provinsi Lampung, karena maksimalnya sampah yang ada harus mencapai 40 ton per hari,” ujarnya.

Menurutnya, sampah di Lampung sudah melebihi 40 ton per hari, sebab di Kota Bandarampung saja, sampah sudah mencapai 1.000 ton per harinya.

”Nantinya, yang akan menjadi sumber energi adalah sampah berupa plastik. Semoga, rencana ini bisa telaksana,” harapnya.(*)

Editor Wirahadikusumah


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID