Penetapan Arinal-Nunik Terancam Ditunda, Jika... - RILIS.ID
Penetapan Arinal-Nunik Terancam Ditunda, Jika...
Taufik Rohman
Minggu | 08/07/2018 14.48 WIB
Penetapan Arinal-Nunik Terancam Ditunda, Jika...
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/Sulis Wanto

RILIS.ID, Bandarlampung – Calon gubernur dan wakil gubernur Lampung terpilih, Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim (Arinal-Nunik), akan ditetapkan pada tiga hari setelah rekapitulasi penghitungan suara.

Namun, KPU Lampung bakal menunda penetapan jika ada pasangan calon yang menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait hasil Pilgub 27 Juni.

“Kesempatan untuk melakukan gugatan ke MK dimulai hari ini sampai tiga hari ke depan. Jika tidak ada yang gugat, kita tetapkan pasangan calon gubernur terpilih,” kata Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono di Hotel Novotel, Minggu (8/7/2018).

Untuk Lampung, lanjut Nanang, persyaratan selisih suara itu satu persen. Hal ini sesuai dengan pasal 158 UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Umum Kepala Daerah. “(Gugatan ke MK) Kalau ada, kita menunggu gugatan ke MK dulu,” ujarnya.

Sementara saksi paslon 1 Ridho-Bachtiar, Amaludin, berencana mengajukan gugatan ke MK. “Kami menunggu proses hukum yang ditangani oleh Bawaslu dan Gakkumdu. Setelahnya baru ke MK,” katanya.

Sedangkan saksi paslon 2 Herman HN-Sutono, Endro S Yaman, akan berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu RI terkait permasalahan money politics di Pilgub Lampung.

“Makanya tadi kita tidak menandatangani berita acara, karena kita tunggu proses hukum yang saat ini tengah berjalan di Bawaslu,” ujarnya.

“Dan karena saya juga anggota DPR RI, nanti akan kita laporkan dan koordinasi terkait Pilgub di Lampung ini ke KPU dan Bawaslu RI serta MK. Karena yang namanya money politics itu tidak dibenarkan secara Undang-undang,” pungkasnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID