Pengiriman Surat Suara, Polisi Dorong Gerobak Sapi Tembus Jalan Berlumpur - RILIS.ID
Pengiriman Surat Suara, Polisi Dorong Gerobak Sapi Tembus Jalan Berlumpur
Taufik Rohman
Senin | 15/04/2019 18.49 WIB
Pengiriman Surat Suara, Polisi Dorong Gerobak Sapi Tembus Jalan Berlumpur
Anggota Polsek Bengkunat dan petugas lainnya mendorong gerobak sapi. FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Pesisir Barat – Proses pengiriman logistik surat suara di Kecamatan Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat patut diacungi jempol. Pengiriman dari PPK ke PPS di empat pekon (Desa) yakni Way Haru, Way Tiyas, Bandar Dalam dan Siring Gading terpaksa diangkut oleh gerobak sapi.

Sebabnya, jalan yang di lintasi begitu ekstrim bahkan saat gerobak sapi melintas di lokasi jalan yang berlumpur dan banyak lubang, perlu penambahan tenaga dorong yang dilakukan oleh personel polisi bersama petugas lainnya.

Hal itu diungkapkan Komisioner KPU Pesisir Barat  Yulianto, saat dihubungi via ponselnya, Senin (15/4/2019).

Menurutnya, pengiriman logistik tersebut menggunakan gerobak sapi, karena dinilai paling aman, dengan kondisi jalan tanah berlumpur.

“Karena sekarang ini curah hujan cukup tinggi, kalau pakai motor dikuatirkan kecelakaan terpeleset atau jatuh, kalau jatuh takut rusak. Karena itu kita berkoordinasi dengan Panwascam, PPK, dan TPS 4 pekon di Way haru memutuskan menggunakan gerobak,“ kata Yulianto.

Ditambahkannya, kondisi surat suara sudah sampai untuk saat ini ditempat tujuan, dan langsung di distribusikan.

“Alhamdulillah tidak ada yang basah, atau rusak, sudah dibungkus plastik semua, kita juga sudah menyiapkan satu kantong plastik sebagai tambahan kalau dalam perjalanan terjadi hal hal yang tidak diinginkan,“ katanya.

Dia menceritakan Perjalanan dari Pasar Way Heni ke Pekon Bandar Dalam, hampir empat- lima jam,  jika ditempuh memakai motor sekitar 1,5 jam. Namun karena kondisi hujan, tanah berlumpur, tidak bisa di lewati menggunakan motor.

Sementara itu, Kapolsek Bengkunat, Iptu Ono Karyono, mengungkapkan, dia juga ikut mengawal pergeseran logistik tersebut ke empat Desa di daerah Bengkunat.

“Saya bersama anggota, menghantar surat suara dari PPK ke PPS hingga sampai ke TPS, yang lokasinya terisolasi di wilayah Kabupaten Pesisir barat,“ katanya.

Dia menjelaskan, selain memang kondisi jalan yang berlumpur, untuk sampai di 4 pekon tersebut harus melintasi tepi pantai dan menyeberangi 6 sungai atau muara tanpa jembatan.

“Hal ini dilakukan demi mengamankan kotak surat suara sampai ketujuan dengan keadaan aman dan nyaman.

modal transportasi ke 4 pekon tersebut juga tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat atau roda dua harus menggunakan rantai,“ katanya.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID