Perayaan Nyepi di Balinuraga Lamsel Tanpa Ogoh-Ogoh - RILIS.ID
Perayaan Nyepi di Balinuraga Lamsel Tanpa Ogoh-Ogoh
Agus Pamintaher
Rabu | 25/03/2020 20.01 WIB
Perayaan Nyepi di Balinuraga Lamsel Tanpa Ogoh-Ogoh
Ogoh-ogoh menyambut Hari Raya Nyepi hanya dipajang di Banjar. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Agus Pamintaher

RILIS.ID, Lampung Selatan – Menjelang perayaan Hari Raya Nyepi, masyarakat di Kecamatan Way Panji biasanya mendapatkan hiburan karnaval ogoh-ogoh. Tapi karena mencegah terjadinya penyebaran Covid-19, kegiatan tersebut ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Kini, belasan ogoh-ogoh yang rencananya diarak keliling desa sebelum Hari Raya Nyepi, hanya dipajang di dalam Banjar atau Pura.

Kepala Desa Balinuraga Kecamatan Way Panji, Wayan Suweden, membenarkan ogoh-ogoh yang dibuat jauh-jauh hari tidak bisa diarak keliling desa. Hal tersebut sesuai edaran dari pihak pemerintah kabupaten dan juga kepolisian.

”Untuk tahun ini, perayaan Hari Raya Nyepi tanpa ada ogoh-ogoh. Biasanya memang ramai kalau mau menjelang perayaan. Tetapi demi amannya, kita tidak adakan karnaval,” ujar Made Suweden, Rabu (25/3/2020).

Sutikno (47), warga setempat, mengaku setiap menjelang Hari Raya Nyepi selalu ada karnaval ogoh-ogoh keliling desa. Namun, ia maklum tidak adanya pawai ogoh-ogoh karena ada wabah Covid-19.

”Sebenarnya kecewa tidak ada hiburan pawai ogoh-ogoh dan ini selalu ditunggu olah anak-anak. Mudah-mudahan tahun depan bisa digelar kegiatan keagamaan seperti sebelumnya,” harap Sutikno.

Camat Way Panji, Isro Abdi, menjelaskan semua kegiatan yang sifatnya pengumpulan massa ditiadakan. Hal tersebut sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang telah ada di Provinsi Lampung.

”Kita sudah mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan menjaga kesehatan. Mulai dari penyemprotan tempat ibadah, fasilitas umum dan perkantoran sudah kita laksanakan,” kata Isro Abdi. (*) 

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID