Pergub Pengurangan Zonasi PPDB Diteken di Jakarta - RILIS.ID
Pergub Pengurangan Zonasi PPDB Diteken di Jakarta
Bayumi Adinata
Senin | 24/06/2019 20.05 WIB
Pergub Pengurangan Zonasi PPDB Diteken di Jakarta
Kadisdikbud Lampung, Sulpakar. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Bayumi Adinata

RILIS.ID, Bandarlampung – Permendikbud No 51/2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), telah direvisi. Menindaklanjutinya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung, menyusun petunjuk teknis (juknis) Permendikbud yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung, Sulpakar menerangkan, terdapat beberapa perubahan. Pertama, kuota PPDB dikurangi dari 90 persen menjadi 80 persen.

"Untuk yang jalur prestasi ditambah menjadi 15 persen dan kuota pindahan itu masih 5 persen sesuai revisi Permendikbud," ujarnya, Senin (24/6/3019).

Kemudian, waktu pendaftaran juga diperpanjang dua hari.

"Tapi tergantung kapan Pergubnya ditandatangani. Kalau hari ini ditandatangani, artinya pendaftaran diperpanjang sampai Rabu," tuturnya.

Meski demikian, dia menyebutkan untuk siswa yang telah mendaftar terlebih dahulu tidak akan dibatalkan. "Kalau yang sudah daftar kemarin tetap dianggap sah. Nanti tinggal dilakukan seleksi saja," terangnya.

Selain itu, poin didalam Pergub itu salah satunya persyaratan PPDB juga ada yang dihilangkan. Seperti surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

"Syarat yang harus mencantumkan surat rekomendasi Disdukcapil sekarang telah dihapus. Jadi tidak perlu lagi pakai rekomendasi," terangnya. 

Mengenai Pergub, Sulapakar mengatakan segera diteken Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

"Rencananya hari ini langsung kita bawa ke Jakarta oleh Sekretaris Disdikbud Lampung, Aswarodi untuk ditandatangani Pak Gubernur. Karena beliau lagi ada pertemuan dengan Kementerian Pertanian," kata Sulpakar.

Terpisah, Sekretaris Disdikbud Lampung, Aswarodi membenarkan dirinya hari ini menuju ke Jakarta dan akan bertemu dengan Pak Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Sultan Hotel Jakarta malam ini, " tutur dia.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID