Peringati HSN, Ribuan Santri Diminta Menghindari Radikalisme - RILIS.ID
Peringati HSN, Ribuan Santri Diminta Menghindari Radikalisme
El Shinta
Selasa | 22/10/2019 21.19 WIB
Peringati HSN, Ribuan Santri Diminta Menghindari Radikalisme
Upacara Hari Santri Nasional di kantor Kemenag Kota Bandarlampung, Selasa (22/10/2019). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/El Shinta 

RILIS.ID, Bandarlampung – Sebanyak 1.000 santri dari berbagai pondok pesantren melaksanakan upacara untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh setiap 22 Oktober.

Upacara tersebut digelar di kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota bandarlampung dengan mengusung tema, "Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia". 

Kepala Kemenag, Mahmuddin Aris Rayusman, mengatakan upacara ini untuk menyampaikan harapan dari Kementerian Agama RI. Yakni menjadikan santri rahmatan lil alamin (rahmat bagi seluruh alam).

Selain di Kemenag, tiap pondok pesantren juga harus melaksanakan HSN. Namun dengan sesederhana mungkin.

"Sebagai Islam rahmatan lil alamin, kami berharap nantinya santri mampu menjaga kedamaian dunia. Salah satunya menghindari paham radikalisme," ujar Mahmuddin Aris. 

Sementara, Asisten I Bidang Hukum dan Pemerintahan, Sukarma Wijaya, yang bertindak sebagai inspektur upacara mengungkapkan, santri harus terus mengembangkan ilmu Islam di Pondok Pesantren.

Sehingga nantinya, para santri bisa berkontribusi untuk pembangunan di Kota Tapis Berseri. 

Sukarma berharap, dengan bantuan yang diberikan oleh pemkot kepada pondok pesantren, Ponpes Kota Bandarlampung bisa mendidik anak-anak yang cerdas dan berahlak. 

"Bantuan dari pemkot ini bersifat fluktuatif sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Kalau sekarang per pondok pesantren mendapat bantuan Rp100 juta,” ungkapnya. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID