Pesan KPU RI Kepada Timsel: Jika Ada Titipan, Coret! - RILIS.ID
Pesan KPU RI Kepada Timsel: Jika Ada Titipan, Coret!
Taufik Rohman
Rabu | 07/08/2019 21.23 WIB
Pesan KPU RI Kepada Timsel: Jika Ada Titipan, Coret!
Ketua KPU RI Arief Budiman saat melantik timsel KPU kabupaten dan kota di Jakarta./FOTO HUMAS KPU

RILIS.ID, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menekankan agar tidak ada yang ”bermain” dalam proses rekrutmen anggota KPU kabupaten/kota Se-Lampung. Apalagi sampai ada titip-menitip person kepada tim seleksi (Timsel) KPU.

Informasi itu disampaikan Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono kepada Rilislampung.id melalui pesan via WhatsApp, Rabu (7/8/2019).

Menurut Nanang, pesan itu disampaikan Ketua KPU RI Arief Budiman saat melantik tim seleksi (timsel) KPU Kabupaten/Kota se-Lampung di Lantai III, Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta.

”Ketua KPU-RI menegaskan, jika ada titipan-titipan atas nama kepentingan (pribadi, kelompok dan golongan), agar calon komisioner dimaksud langsung dicoret dari kompetisi,” tulis Nanang.

Selain itu, kata Nanang, pada acara pelantikan itu juga dilanjutkan pemberian bimtek/pembekalan oleh komisioner KPU RI.

”Timsel juga diminta menjaga transparansi, keadilan, dan integritas proses seleksi,” katanya.

Selaku, Ketua KPU Lampung, Nanang berharap agar timsel mematuhi pesan yang disampaikan Ketua KPU RI.

”Patuhi pesan atau perintah Bapak Arief Budiman Ketua KPU RI,” harap dia.

Sementara, Timsel Wilayah II Pringsewu, Tanggamus, dan Pesisir Barat, Darmawan Purba saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon mengaku siap menjalankan tugas dengan baik. Dia juga memohon doa agar dapat menjalankan amanah yang telah diberikan kepadanya. 

”Secara prinsip kan timsel ini saya melihatnya sebagai koordinator dari berbagai tim. Kan ada tim-timnya, Tim CAT itu misalnya mungkin nanti kerjasamanya dengan Unila,” jelasnya.

Kemudian, kata Darmawan, untuk kesehatan nanti, ada pihak rumah sakit, rumah sakit jiwa. Lalu, untuk psikotes bekerjasama dengan ikatan psikolog Indonesia. Pada prinsipnya kinerja timsel itu adalah merangkum semua kerja tim-tim yang ada. 

”Memang penekanannya kita harus bekerja sebaik dan se-profesional mungkin untuk mendapatkan calon-calon anggota KPU yang terbaik. Tentu juga kita diminta untuk terbuka, artinya membuka ruang kepada masyarakat sedapat mungkin untuk meminta masukan, tentu saja masyarakat diminta untuk mengawasi, dan membantu timsel untuk mengawasi proses ini dengan baik. Kedepankan kualifikasi calon-calon terbaik,” jelasnya. 

Sementara untuk tahapan berikutnya, kata dia, nanti menunggu setelah selesai pembekalan selesai.

”Kami segera mungkin ada jadwal untuk rapat, ada pengumuman, kemudian proses pendaftaran. Secara intensif teman-teman boleh lah kalau mau konfirmasi, dan kami siap ada masukan,” ucapnya.(*)

Editor Wirahadikusumah


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID