Positif Narkoba, 48 Napi Lapas Rajabasa Batal Terima Remisi - RILIS.ID
Positif Narkoba, 48 Napi Lapas Rajabasa Batal Terima Remisi
Bayumi Adinata
Rabu, 2018/06/13 20.20
Positif Narkoba, 48 Napi Lapas Rajabasa Batal Terima Remisi
Kalapas Kelas 1A Bandarlampung Sujonggo saat memberikan keterangan mencabut remisi 48 narapidana. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Bayumi Adinata

RILIS.ID, Bandarlampung – Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1A Bandarlampung atau Lapas Rajabasa, mencabut remisi 48 narapidana (napi) yang positif menggunakan Narkotika.

Hal itu menyusul dilakukannya tes urine terhadap Warga Binaan Kemasyarakatan (WBP) pada Selasa (5/6/2018) lalu oleh Tim Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM dan Direktorat Reserse Narkoba Polda Lampung.

“Pencabutan remisi ini, Berdasarkan surat Lapas Rajabasa Nomor W9. PAS.1.PK.01.02-2059 dengan ini dinyatakan 48 (empat puluh delapan) WBP positif menggunakan narkotika dicabut remisi nya, " ujar Kalapas Rajabasa, Sujonggo kepada rilislampung.id, Rabu (13/6/2018).

Sujonggo mengatakan sebelumnya mengusulkan 560 orang narapidana untuk mendapatkan remisi khusus menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Namun, dengan dicabutnya remisi 48 napi maka kini 552 napi yang diusulkan mendapatkan remisi.

“Jumlah 552 napi mendapat remisi tersebut, karena Lapas Rajabasa mendapat kiriman 40 napi dari rutan. Nah, syarat remisi sudah putus mereka berhak mendapat remisi juga,” tutur dia.

Sementara Kepala Divisi Pemasyarakatan pada Kanwil Kemenkumham Lampung, Edy Kurniadi membenarkan telah mendapat surat laporan dari Lapas Rajabasa untuk mencabut remisi  48 napi yang positif menggunakan narkoba.

Edi mendukung terkait laporan tersebut tidak meremisi ke 48 napi tersebut, karena telah melanggar aturan positif menggunakan Narkotika,  ini sudah sesuai aturan UU Kemenhumham RI. (*) 

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)