Prakarsai Kelas Menulis, Ajarkan Anak-Anak Yatim Literasi - RILIS.ID
Prakarsai Kelas Menulis, Ajarkan Anak-Anak Yatim Literasi
Gueade
Minggu | 11/03/2018 06.32 WIB
Prakarsai Kelas Menulis, Ajarkan Anak-Anak Yatim Literasi
Founder YukmenulisIndonesia, Ikhsanudin dalam acara Rilis Corner di kantor Rilislampung.Id, Sabtu (10/3/2018). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Ade Yunarso

RILIS.ID, Bandarlampung – Sejak kecil Ikhsanudin sudah hobi membaca. Wajar jika selepas kuliah di FKIP Universitas Lampung ia langsung mencoba bisnis yang masih dekat hubungannya dengan buku. Yaitu usaha penerbitan.

Melalui serangkaian promosi, penerbitan yang diberi nama Aura Publishing itu mulai tenar. Naskah-naskah pun banyak yang masuk ke mejanya. Namun sayang, hanya sedikit yang layak terbit.

”Kita berkomunikasi dengan editor. Katanya, naskah yang belum matang tidak bisa dipaksakan untuk terbit. Bakal malu. Karena yang berisiko bukan hanya penulis, tapi kredibitas penerbitnya juga pasti dipertanyakan,” kenangnya.

Untuk itulah, ia membuat gerakan literasi YukmenulisIndonesia. Pertama kali ia membuka kelas menulis di Kota Metro. Anak-anak yatim ia kumpulkan dengan dana dari Aura Publishing.

”Sebab, kelas menulis itu mahal. Saya pernah ikut di Jakarta untuk dua hari harus membayar Rp5 juta. Kalau nggak punya biaya, dari mana orang bisa belajar? Itulah mengapa saya tergerak membuka kelas menulis,” paparnya.

Dengan anggota YukmenulisIndonesia novelis Yoga Pratama, penulis Fitri Restiana, dan Suwanda dari Forum Lingkar Pena, kegiatan literasi itu dimulai. Dari Kota Metro, Lampung Timur, Pesawaran, Bandarlampung, Lampung Selatan, hingga Lampung Utara. (*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID