PT PII Butuh Swasta Siap Bangun Jalur KA Tarahan-Tegineneng - RILIS.ID
PT PII Butuh Swasta Siap Bangun Jalur KA Tarahan-Tegineneng
Bayumi Adinata
Minggu | 30/06/2019 21.27 WIB
PT PII Butuh Swasta Siap Bangun Jalur KA Tarahan-Tegineneng
Menhub Budi Karya Sumadi saat kunker ke Lampung didampingi Gubernur Arinal Djunaidi. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Bayumi Adinata

RILIS.ID, Bandarlampung – PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) segera melakukan penyelesaian pembangunan jalur kereta api Tarahan-Tegineneng, Lampung Selatan. Jalur KA sepanjang 40 km yang rencananya dikerjakan tahun 2020 itu, estimasi anggaran pembangunannya Rp2 Triliun-3 Triliun.

Hal ini disampaikan Direktur Utama PT. PII, Armand Hermawan usai pertemuan dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Gubenur Lampung Arinal Djunaidi di Rumah Dinas Mahan Agung Minggu, (30/6/2019).

Armand mengatakan proyek pekerjaan jalur kereta api Tarahan-Tegineneng ini persis yang dikerjakan pada jalur kereta di Sulawesi Selatan dengan melibatkan pihak swasta, BUMN dan BUMD setempat. 

"Nah nanti kita cari siapa pihak swasta yang ingin membantu mengerjakan proyek ini," kata dia.

Sementara target penyelesaian pembangunan jalur kereta api Tarahan-Tegineneng memakan waktu hingga tiga tahun, jadi kemungkinan awal 2023 selesai.

Untuk itu ini segera didiskusikan dengan Kemenhub agar lelang bisa dilaksanakan secepatnya. Sehingga yang diinginkan Menhub bisa terlaksana.

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pekerjaan proyek tersebut diharapkan bisa terlaksana dengan cepat.

Sebab Pemprov Lampung telah membebaskan  lahan tersebut. "Jadi tinggal kita bangun saja," ujarnya.

Terwujudnya pembangunan jalur kereta api Tarahan-Tegineneng ini untuk mengatasi terjadi kemacetan di Kota Bandarlampung. 

“Sejauh ini ada jalur kereta tersebut selalu membuat kemacetan di kota. Maka dari itu bagaimana Kedepannya kemacetan tidak terjadi lagi," tambah Menhub.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID