Ratusan CPNS Tes Kejiwaan, RSJ Patok Biaya Rp255 Ribu Per Orang - RILIS.ID
Ratusan CPNS Tes Kejiwaan, RSJ Patok Biaya Rp255 Ribu Per Orang
Bayumi Adinata
Kamis | 10/01/2019 17.45 WIB
Ratusan CPNS Tes Kejiwaan, RSJ Patok Biaya Rp255 Ribu Per Orang
Para peserta CPNS 2018 melakukan pendaftaran administrasi di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lampung. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Bayumi Adinata

RILIS.ID, Pesawaran – Ratusan CPNS yang sudah dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) mengikuti tes kejiwaan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lampung.

Pelaksanaan tes kejiwaan ini tidak gratis seperti tahapan tes sebelumnya. Para peserta dipatok biaya sebesar Rp255 ribu per orang.

Humas RSJ Lampung, David membenarkan bahwa pelayanan tes kejiwaan untuk CPNS dikenakan biaya sebesar Rp255.000 per orang.

“(Biaya) Ini sesuai Perda Nomor 5 Tahun 2016 tentang Tarif dan Retribusi Layanan di Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Lampung,” katanya kepada Rilislampung.id, Kamis (10/1/2019).

Tingginya biaya tes kejiwaan ini tidak dibarengi dengan pelayanan prima. Sebab, sejumlah peserta mengeluhkan lambannya pelayanan di loket pendaftaran.

“Harusnya ada tambahan tenaga pegawai karena peserta yang ikut tes kejiwaan banyak. Bukan saja dari Bandarlampung, tetapi dari luar daerah. Apalagi kita ini bayar mas dengan besaran Rp255.000,” ujar Ikbal (26), salah seorang CPNS asal Lampung Utara.

Menanggapi hal tersebut, pihak RSJ mengklaim sudah menambah dua atau tiga pegawai. Termasuk dokter yang berjumlah tujuh orang.

“Kouta yang kita sediakan bagi yang ikut tes kejiwaan sebelumnya hanya 300 peserta, tetapi dengan membludaknya hari ini. Maka kami menambahkan dua ruangan dengan 600 peserta dengan waktu dua jam sebanyak 3 sesi,” tambah David. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID