Rektor Malahayati: Perlu Satgas Radikalisme di Kampus - RILIS.ID
Rektor Malahayati: Perlu Satgas Radikalisme di Kampus
Bayumi Adinata
Sabtu | 02/06/2018 20.57 WIB
Rektor Malahayati: Perlu Satgas Radikalisme di Kampus
Rektor Malahayati, M. Kadafi, menjadi pembicara dalam Kuliah Ramadan II, Sabtu (2/6/2018). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Bayumi Adinata

RILIS.ID, Bandarlampung – Mengisi bulan suci Ramadan, Kelompok Studi Kader (Klasika) Lampung menggelar Kuliah Ramadan II (Kurma). Temanya, Renung Kebhinekaan.

Acara bertempat di Jalan Sentot Alibasa Gang Pembangunan E/A5 No. 121, Sukarame, Bandarlampung, Sabtu (2/6/2018), pukul 16.00 WIB. 

Rektor Universitas Malahayati, Muhammad Kadafi, yang menjadi pemateri dalam kegiatan bertema Renung Kebhinekaan, memaparkan soal radikalisme. Pahak ekstrem itu menurut dia tidak lepas dari pengaruh dan dampak isu global.

Untuk itu, perlu menanamkan pola pikir yang baik sejak dini agar tak mudah tercemari paham radikalisme. Di sinilah peran penting orang tua dan guru untuk memberi bimbingan yang baik. 

”Pemuda Indonesia mesti berpikir positif untuk kemajuan negara ini. Hilangkan pikiran negatif yang merusak daya pikir kalian," ajaknya. 

Saat ini, 70 persen muslim menolak radikalisme. Sisanya, 30 persen tidak. Jadi, PR utama sekarang adalah menghilangkan yang 30 persen itu.

”Harus ada peran penting pemerintah atau harapan saya di kampus bisa dibentuk Satgas Radikalisme," tutup dia

Penanggung jawab program Klasika, Een Riansah, mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin Klasika setiap bulan Ramadan.

Tema Renung Kebhinekaan dipilih karena Indonesia baru dikejutkan aksi teroris di Surabaya. Salah satunya dugaan teror juga terjadi di Transmart Bandarlampung.

Menurut Een, melalui acara ini mereka ingin mengingatkan bahwa negeri ini sejak dulu banyak sekali kelompok yang merusak.

Pemerintah seharusnya cepat melakukan tindakan sehingga ke depan penerus-penerus bangsa tidak terpengaruh pikiran destruktif. 

”Saat ini paham radikalisme paling banyak berkembang di Kabupaten Pesawaran. Ini sesuai data survei Klasika,” pungkasnya. (*) 

Editor Gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID