Rel Tarahan-Rejosari Dipredikasi Mulai Dibangun 2021 - RILIS.ID

Rel Tarahan-Rejosari Dipredikasi Mulai Dibangun 2021
Muhammad Iqbal
Senin, 2018/04/16 15.11
Rel Tarahan-Rejosari Dipredikasi Mulai Dibangun 2021
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Qodratul Ikhwan. ILUSTRASI: Sulis Wanto

RILIS.ID, Bandarlampung – Salah satu alternatif mengurai kemacetan yakni dengan mengurangi intensitas kereta api yang melintasi Kota Bandarlampung. Caranya, mengalihkan kereta batu bara rangkaian panjang (babaranjang) pada rel di luar kota.

Rel itu rencananya menghubungkan Tarahan, Panjang dengan Stasiun Rejosari, Natar. Diprediksi, pembangunan rel di luar kota itu dimulai tahun 2021.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Qodratul Ikhwan mengatakan, pihaknya cukup intens melakukan komunikasi dengan pihal terkait diantaranya Kementerian Perhubungan RI.

Dijelaskan, saat ini sudah dalam proses pengajuan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) dan masuk tahapan pengkajian lahan. 

"Ya ada kemajuannyalah. Semua itu ada tahapannya, masa mau disulap biar bisa langsung jadi,” katanya kepada rilislampung.id, Senin (16/4/2018).

Mengenai trase atau sumbu jalan yang mengiringi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), menurut Qodratul siap dibangun tahun 2019. Namun, kendalanya titik-titik trase tidak selalu sepadan di sisi JTTS.

"Nah ini yang menjadi soal. Kadang rel itu di kiri, kadang juga di kanan. Kalau begini, sebanyak apa mau kita buat jembatan," kata dia.

Terpisah , anggota Komisi IV DPRD Lampung Watoni Nurdin mengatakan sudah seharusnya dilakukan percepatan untuk dimulainya membangun rel tersebut. 

Sebab, kemacetan di Bandarlampung harus segera tertangani.  

"Jika ada kendala apapun saya rasa bisa teratasi jika dicarikan jalannya," katanya. (*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)