Resmikan Kampung Kopi, Zulhas Berharap Lambar Jadi Ikon Penghasil Kopi Terbaik - RILIS.ID
Resmikan Kampung Kopi, Zulhas Berharap Lambar Jadi Ikon Penghasil Kopi Terbaik
[email protected]
Minggu | 22/07/2018 18.05 WIB
Resmikan Kampung Kopi, Zulhas Berharap Lambar Jadi Ikon Penghasil Kopi Terbaik
Ketua MPR RI dan Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus meresmikan Kampung Kopi di Pekon Rigisjaya, Airhitam, Minggu (22/7/2018). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Anton

RILIS.ID, Lampung Barat – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan berharap Kabupaten Lampung Barat (Lambar) sebagai ikon penghasil kopi terbaik di Indonesia.

Menurut dia, kopi merupakan minuman khas dibanggakan masyarakat Indonesia maupun mancanegara. Tentunya peran penting pemerintah pusat dan daerah sangat dibutuhkan untuk memperhatikan petani kopi.

“Kalau bisa harga kopi bagi petani tidak ada namanya turun. Justru sebaliknya, harga kopi harus selalu melambung tinggi, karena kebutuhan kopi sangat diperlukan masyarakat Indonesia maupun mancanegara negara,” katanya saat meresmikan Pekon Rigisjaya sebagai kampung kopi terbaik di Lampung Barat, Minggu (22/7/2018).

Zulhas—sapaan akrab Zulkifli Hasan –menyatakan kopi Indonesia terbaik yang selalu diekspor ke beberapa negara tetangga. Ia berpesan petani kopi wajib mendapatkan perhatian, terutama pendidikan untuk anak-anak. Karena anak petani kopi wajib sekolah sehingga mampu menjadi penerus bangsa berkualitas.

“Masa depan anak petani kopi di Indonesia wajib kita perhatikan, karena nasib masa depan anak kita sangat dibutuhkan dalam memberikan pembangunan negara Indonesia di masa mendatang,” ujarnya.

Ketua Umum PAN ini meminta anak petani kopi tidak minder untuk bersaing dengan anak dari kalangan pejabat dan pengusaha.

“Biasanya petani kebiasaan anaknya putus sekolah. Jadi pendidikan hanya jalan satu-satunya untuk anak kita bisa menjadi pintar dan kedepannya bisa melanjutkan penerus bangsa ini dan juga bisa memperkenalkan kopi Lampung ke mancanegara,” tegasnya.

Sementara Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Bambang, memberikan peluang bagi petani kopi di Lampung. Peluang dimaksud adalah bantuan lahan seluas 200 hektar di Pekon Rigisjaya, Airhitam, Lambar.

“Lahan tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan petani kopi dalam mengelola kopi robusta terbaik, sehingga bisa diekspor ke luar negeri. Karena kopi Indonesia merupakan kopi terbaik di dunia kebanggaan negara-negara di seluruh dunia,” ungkapnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID