Ribuan Masyarakat Rayakan Cap Go Me 2018 - RILIS.ID
Ribuan Masyarakat Rayakan Cap Go Me 2018
El Shinta
Minggu | 04/03/2018 23.27 WIB
Ribuan Masyarakat Rayakan Cap Go Me 2018
Penyerahan suvenir dari Lampung ke perwakilan Kota Guilin, Republik Rakyat Tiongkok pada malam Perayaan Cap Go Me di Gedung Hakka Metta Sarana, Minggu (4/3/2018). FOTO RILISLAMPUNG.ID/El Shinta

RILIS.ID, Bandarlampung – Ribuan masyarakat etnis Tionghoa yang tergabung dalam Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Lampung menggelar perayaan Cap Go Me 2018 di Gedung Hakka Metta Sarana, Minggu (4/3/2018) malam. Tak tanggung-tanggung, hadir warga asli Kota Guilin, Republik Rakyat Tiongkok untuk mempersembahkan tarian khasnya.

Dalam perayaan Cap Go Me terlihat anggota DPR RI Sudin; Ketua DPRD Lampung Dedy Afrizal; Plt Wali Kota Bandarlampung M Yusuf Kohar; Ketua DPRD Bandarlampung Wiyadi; Kapolresta Bandarlampung Kombes Murbani Budi Pitono; Dandim 0410/KBL Letkol Arm Didik Harmono; dan calon gubernur (cagub) Arinal Djunaidi.

Ketua Pelaksana Cap Go Me PSMTI, Hardiyanto Yuke, mengatakan Cap Go Me merupakan malam penutupan 15 hari setelah perayaan Imlek. Selain itu, Cap Go Me menjadi ajang ajakan untuk menggunakan hak pilih pada Pilgub 2018.

"2018 ini kan tahun politik. Kita membantu pemerintah untuk mengajak teman-teman memilih siapa pemimpin Lampung dengan menggunakan hak pilihnya. Tapi kami tidak mengarahkan ke cagub mana pun," kata Yuke kepada rilislampung.id.

Yuke menuturkan, perayaan Cap Go Me juga menjadi ajang pertukaran seni dan budaya antara Provinsi Lampung dan Kota Guilin, Tiongkok. 

"Ini baru pra untuk MoU (memorandum of understanding) sembari menjajaki seni dan budaya. Sebenarnya sudah kita mulai beberapa waktu lalu dengan mengirimkan dua pegawai Pemerintah Kota Bandarlampung untuk belajar di Tiongkok dengan beasiswa full selama dua tahun. Semoga pertukaran ini bisa mendekatkan diri saling silaturahmi dari perdagangan, ekonomi, dan seni budaya," tandasnya.

Sementara, Ketua PSMTI Christian Candra mengatakan perayaan Cap Go Me merupakan bagian dari merayakan festival musim semi. Namun di Indonesia tidak ada musim semi. Pelaksanaan Cap Go Me di Indonesia khususnya lampung dalam rangka melaksanakan visi dan misi PSMTI. "Kita ingin mengisi kemerdekaan RI, menjalin hubungan baik antara masyarakat Tionghoa dengan etnis lainnya," terangnya. (*)

Editor Gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID