Ridho Pimpin Penerbangan Perdana Lampung-Kuala Lumpur - RILIS.ID
Ridho Pimpin Penerbangan Perdana Lampung-Kuala Lumpur

Sabtu | 04/05/2019 14.03 WIB
Ridho Pimpin Penerbangan Perdana Lampung-Kuala Lumpur
Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo memimpin rombongan dalam penerbangan perdana Lampung-Kuala Lumpur di Bandara Radin Inten II, Sabtu (4/5/2019). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Bayumi Adinata

RILIS.ID, Lampung Selatan – Penerbangan internasional Lampung-Kuala Lumpur melalui Bandara Radin Inten II, Branti, Lampung Selatan, mulai beroperasi terhitung hari ini.

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo memimpin rombongan penumpang dengan tujuan Kuala Lumpur, Malaysia.

Rombongan bertolak menggunakan pesawat Airbus A320 Citilink, Sabtu (4/5/2019) pada pukul 08.00 WIB.

Dalam sambutannya, Ridho mengaku sangat bahagia karena penerbangan internasional akhirnya terwujud. Menurutnya, hal itu merupakan sejarah baru bagi masyarakat Lampung.

Ridho berharap dengan adanya penerbangan internasional dapat menambah kepercayaan pemerintah daerah dalam memajukan perekonomian Lampung.

“Pariwisata akan meningkat dengan banyaknya pengunjung yang akan datang ke Provinsi Lampung, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara. Serta menambah investasi bagi investor yang ingin membuka usaha peluang usaha di wilayah Lampung,” jelasnya.

Menurut Ridho, penerbangan internasional sendiri merupakan permintaan Presiden Joko Widodo dalam memenuhi syarat terwujudnya bandara internasional.

“Pak Presiden meminta saya agar cepat dilaksanakannya penerbangan internasional. Sebab batas waktu SK Kementerian Perhubungan terkait bandara internasional di Radin Inten II hanya sampai enam bulan diterbitkan terhitung pada Bulan Desember 2018 lalu,” ungkapnya.

Sementara Kepala Biro Hukum Pemprov Lampung, Zulfikar menambahkan bahwa penerbangan internasional berdasarkan SE Gubernur Ridho Ficardo bernomor 900/0840/V.13/2019 tentang Partisipasi Penerbangan Internasional Perdana.

“Surat ini ditujukan untuk walikota dan bupati se- Lampung agar dapat partisipasi mengirimkan dua orang perwakilan baik pimpinan, pejabat, maupun pegawai di lingkungan masing-masing pemerintahan,” ujarnya.

Dalam SE tersebut, Pemprov Lampung mencater pesawat Airbus A320 Citilink dengan biaya yang harus dikeluarkan satu orang senilai Rp5,9 juta dengan total penumpang sebanyak 180. Berikut bussiness meeting, paket city tour dan airport servis.

“Yang mengelola penerbangan internasional adalah PT Lampung Jasa Utama (LJU) selaku penanggung jawab biaya cateran dan distribusi bagi pembiayaan bagi penumpang,” katanya.

Selain walikota dan bupati, pejabat di lingkungan Pemprov Lampung juga dipatok membayar biaya sebesar Rp5,9 juta per orang.

Pantauan Rilislampung.id, hampir sebagian besar kepala OPD di lingkungan Pemprov Lampung ikut serta dalam penerbangan internasional tersebut.

Sementara perwakilan kabupaten/kota hanya Bupati Pringsewu Sujadi Saddat dan Wakil Bupati Waykanan Edward Antony. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID