RSUDAM Naik Kelas, Kado Ridho di Penghujung Jabatan - RILIS.ID
RSUDAM Naik Kelas, Kado Ridho di Penghujung Jabatan
Bayumi Adinata
Rabu | 15/05/2019 20.49 WIB
RSUDAM Naik Kelas, Kado Ridho di Penghujung Jabatan
Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan Kemenkes dr. H.M. Subuh, M.P.P.M. menyerahkan surat penetapan RSUDAM menjadi kelas A kepada Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo di rumah sakit tersebut, Rabu (15/5/2019). Foto.Rilislampung.id/Bayumi Adinata.

RILIS.ID, – Kabar gembira bagi dunia kesehatan di Lampung. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menetapkan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Hi. Abdul Moeloek (RSUDAM) menjadi kelas A.

Sebelumnya, rumah sakit terbesar di Provinsi Lampung ini berkelas B. Ini tentunya menjadi kado manis Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo di penghujung jabatannya yang tinggal menghitung hari. Sebab, selama ini Ridho memang memiliki perhatian khusus bagi RSUDAM. Itu terlihat dari banyaknya pembangunan gedung dan pemenuhan sarana dan prasarana yang dilakukan Pemprov Lampung di rumah sakit tersebut. 

Penyerahan surat penetapan ini dilakukan menteri kesehatan yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan dr. H.M. Subuh, M.P.P.M. kepada Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo. Penyerahan dilaksanakan di halaman parkir Instalasi Gawat Darurat RSUDAM, Rabu (15/5/2019).

Dokter. H.M. Subuh, M.P.P.M. dalam sambutannya mengatakan, di seluruh Indonesia saat ini terdapat 2.770 rumah sakit. Dari jumlah itu, hanya 5 persen yang berkelas A. Salah satunya saat ini adalah RSUDAM.

”Karenanya, dengan kenaikan kelas ini, pelayanan dan prasarana harus ditingkatkan,” pesan Subur.

Menurutnya, dalam penilaian kenaikan kelas ini, ada dua kompetensi yang dinilai. Di antaranya kompetensi sumber daya manusia dan fasilitas sarana serta prasarana dalam pelayanan kesehatan. 

”Karenanya, saat ini RSUDAM sudah bisa menjadi rujukan bagi provinsi lainnya, khususnya di Sumatera untuk berobat,” jelasnya. 

Sementara, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mengucapkan terima kasih kepada Kemenkes yang telah menetapkan RSUDAM bertipe A.

Dia berharap, dengan kenaikan kelas tersebut, bisa menjadi benteng terakhir bagi masyarakat Lampung dalam pelayanan kesehatan.

”Termasuk juga di Pulau Sumatera,” harapnya.

Direktur Utama RSUDAM dr. Hery Djoko Subandriyo menambahkan, penetapan tipe A RSUDAM ini diperoleh dari Kemenkes RI Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan No: HK.02.02/I/1875/2019 tentang Izin Operasional RSUDAM Lampung sebagai Rumah Sakit Umum tipe A.

”Kenaikan tipe untuk RSUDAM ini diraih pada Senin (13/5/2019),” ujarnya.

Dia menjelaskan, RSUDAM saat ini menggunakan sistem pelayanan terpadu. Sehingga masyarakat yang ingin berobat dari puskesmas bisa dirujuk langsung ke RSUDAM tanpa harus ke rumah sakit tipe D dan C atau B dahulu,” jelasnya.(*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID