Sampah Ditukar Emas, 0,01 Gram Setara Rp6 Ribu - RILIS.ID
Sampah Ditukar Emas, 0,01 Gram Setara Rp6 Ribu

Selasa | 09/04/2019 18.48 WIB
Sampah Ditukar Emas, 0,01 Gram Setara Rp6 Ribu
Wali Kota Herman HN membeli tas yang terbuat dari sampah yang didaur ulang di Bank Sampah, Selasa (9/4/2019). FOTO RILISLAMPUNG.ID/El Shinta

RILIS.ID, Bandarlampung – PT Pegadaian Persero menjanjikan masyarakat bisa menukarkan sampah yang dimiliki dengan emas batangan. Hal tersebut sesuai dengan program Bank Sampah The Gade Clean and Gold di Lapangan Kalpataru, Kemiling, yang baru saja di-launching oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung, Selasa (9/4/2019). 


Pemimpin Wilayah III PT Pegadaian Persero Palembang, Eka Pebriansyah, mengatakan sebagai BUMN pihaknya memang mengemban tugas untuk turut serta menjaga dan memikirkan kebersihan lingkungan serta meningkatkan perekonomian masyarakat.


"Jadi sampah yang masuk kita upayakan tidak tersisa, di sini ada mesin pemisahnya juga dan dipisah secara manual. Sampah organik bisa digunakan untuk pembuatan pupuk. Sampah nonorganik yang bisa dijual nanti akan kita timbang, nilainya akan kita konversikan ke harga emas dengan berapa beratnya sampah," terangnya. 


Eka menuturkan, nilai sampah yang disetorkan ke bank sampah dibayar sesuai dengan harga emas saat ini. Seluruh masyarakat di Bandarlampung bisa menabung emas di bank sampah. 


"Jadi begini satu kilogram sampah nilai harga yang didapatkan dikonversikan gram emas, biasanya dihitung 0,01 gram itu Rp6.000. Sistem tabungannya sama kok dengan bank biasa, jadi bisa diambil kapanpun. Kalau misalkan sudah terkumpul lima gram, bisa dicetak jadi emas batangan atau diambil dalam bentuk uang sesuai dengan harga emas saat itu," tandasnya. 
Sementara Yasir Arista (27), warga Langkapura, mengungkapkan program bank sampah ini sangat membantu masyarakat. 


"Daripada kami jual ke tukang rongsokan lebih baik ke sini kan, harganya stabil dan bisa investasi juga," singkatnya. (*)

 

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID