Semangat dan Berpikir Positif, Kunci Sukses Jalankan Usaha - RILIS.ID
Semangat dan Berpikir Positif, Kunci Sukses Jalankan Usaha
[email protected]
Kamis | 25/10/2018 09.07 WIB
Semangat dan Berpikir Positif, Kunci Sukses Jalankan Usaha
Direktur Operasional PTPN VII Husairi menyampaikan paparannya. FOTO: Humas PTPN VII

RILIS.ID, Bandarlampung – Semangat dalam menghadapi hidup dan berpikir positif itulah salah satu kunci dalam melakukan menjalankan dunia usaha.

Hal ini dikatakan Direktur Operasional PTPN VII Husairi dalam acara Workshop Pengenalan Dunia Kerja Bagi Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidik Misi Angkatan 2015, di Fakultas Pertanian Unila, Rabu (24/10/2018).

Dalam paparannya yang bertemakan Peluang Dunia Kerja di PTPN VII, Husairi menerangkan cara pengelolaan usaha perkebunan.

Dalam pengelolan dunia usaha perkebunan ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya back to basic, hilirisasi  diverifikasi usaha.

Dalam pengelolaan usaha perkebunan banyak metode dalam menyelesaikan masalah/Problem solving, salah satu metode yang sederhana adalah dengan menggunakan metode diagram tulang ikan (fishbone diagram).

“Proses pemecahan permasalahan dianalisa dengan menilai permasalahan dari sisi metode, material, mesin, manusia dan lingkungan yang terkait dengan masalah yang ada,” paparnya.

Pada sesi pertama tanya jawab, Husairi menyampaikan untuk menjadi manusia yang sukses maka harus menjadi pribadi yang plus, dimana harus memiliki prinsip hari ini lebih baik dari hari kemarin.

Selain itu ia juga menyampaikan bahwa hidup para generasi saat ini paling gampang daripada generasi sebelumnya dimana masih banyak yang kolot, akan lebih mudah dengan  syarat mau membuka wacana dan pola piker prositif dan lebih maju.

Pada kesempatan itu, Husairi berpesan agar berhasil dalam menghadapi persaingan dunia kerja antara lain kita harus berbuat yang positif sebanyak-banyaknya (positif thinking),

Selain itu, kita juga harus Ikhlas, yang berasal dari dari bahasa Arab “Khalasa” artinya menetapi aturan/ikuti aturan, sayangi bawahan, reward and punishment ditegakkan dengan tegas dan memakai etika, perbanyak baik karena karma/pembalasan pasti ada, jangan takut terhadap orang tetapi takutlah kepada Allah.

“Jangan alergi dengan perubahan. Tentukan target dalam menjalani aktivitas Baca dan hayati biografi orang-orang sukses,” ujarnya.

Di akhir pembicaraan beliau menyampaikan agar tetap semangat menghadapi hidup dan teruslah berperilaku positif, maka akan mendapatkan hasil yang positif pula.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID