Setahun Marwan Menjabat, Pekon Bumiagung Terus Berbenah - RILIS.ID

Setahun Marwan Menjabat, Pekon Bumiagung Terus Berbenah
Anton Suryadi
Senin, 2018/12/24 10.25
Setahun Marwan Menjabat, Pekon Bumiagung Terus Berbenah
Budaya gotong royong di Pekon Bumiagung. FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Lampung Barat – Marwan baru genap satu tahun mengemban amanah sebagai Kepala Pekon atau biasa disebut Peratin Bumiagung Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat.

Namun, dedikasinya sebagai peratin telah banyak memberikan perubahan nyata bagi warga Bumiagung terutama di bidang infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

Di tahun pertama kepemimpinannya, Marwan langsung mengalokasikan dana Rp1,2 miliar untuk pembangunan jalan penghubung di pemangku 1 ke daerah perkebunan Batu Balai dan sekitarnya sebanyak empat titik.

Masing-masing lokasi memiliki volume yang sama yakni panjang 200 meter, lebar 2 meter dengan ketebalan 12 sentimeter.

Selain pemangku 1, pembangunan infrastruktur jalan juga direalisasikan di pemangku 2 dengan panjang 320 meter dan lebar 3 meter. Jalan ini juga memiliki kedalaman lebih tebal yakni 15 sentimeter. Juga membangun gapura perbatasan Pekon Bumiagung dengan Pekon Kenali.

Marwan mengatakan pembangunan jalan penghubung di pemangku 1 ke daerah perkebunan diharapkan membawa dampak positif untuk masyarakat sekitar. Terutama petani mengangkut makin lancar mengangkut hasil pertaniannya.

“Saya selaku peratin mewakili pemerintah Pekon Bumiagung mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan daerah karena telah menganggarkan dana desa dan ADP dengan total anggaran pendapatan belanja pekon (APBP) sebesar Rp1,2 miliar,” kata Marwan, Senin (24/12/2018).

“Dengan dana tersebut kami mampu mewujudkan program insprastruktur, sarana prasarana, serta peningkatan SDM," sambungnya.

Marwan mengklaim pembangunan infrastruktur Pekon Bumiagung semasa pemerintahannya mengalami peningkatan yang signifikan.

“Program dana desa dari pemerintah juga telah mampu meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan warga di tingkat pekon. Kami berharap program seperti ini dapat terus berjalan, karena manfaatnya bisa langsung di rasakan oleh masyarakat," ujarnya.

Bidang pemberdayaan masyarakat juga tidak luput dari perhatian Marwan. Saat ini, Pekon Bumiagung selalu mengadakan kegiatan gotong royong setiap bulan.

Selain gotong royong, budaya hidup sehat juga diterapkan di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya dengan rutin melakukan senam sehat.

Peningkatan SDM aparatur pekon juga turut diperhatikan. Dalam satu tahun ini, aparat pekon mulai dari pemangku, LHP, Kaur PKK mengikuti Bimtek di berbagai tempat.

“Dan semua kegiatan tersebut menggunakan dana ADD. Alhamdulillah hasilnya pun sangat membantu kami dalam memajukan Pekon Bumiagung," pungkasnya. (ADVETORIAL)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)