Setop! Petugas Larang Keluarga Beri Makanan ke Tahanan - RILIS.ID
Setop! Petugas Larang Keluarga Beri Makanan ke Tahanan
Muhammad Iqbal
Rabu | 01/08/2018 20.48 WIB
Setop! Petugas Larang Keluarga Beri Makanan ke Tahanan
Puluhan orang mengerumuni mobil tahanan dengan tujuan memberi makanan kepada keluarganya yang ditahan, Rabu (1/8/2018). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ M. Iqbal

RILIS.ID, Bandarlampung – Mobil tahanan di Pengadilan Negeri Tanjung Karang dikerumuni puluhan keluarga narapidana, Rabu (1/8/2018). Pihak keluarga saat itu hendak memberikan makanan terhadap anggota keluarganya.

Namun niat itu musnah lantaran petugas pengawal tahanan dari Kejari Bandarlampung melarang. 

”Ibu, Bapak, Saya minta maaf. Jangan ada yang kasih-kasih barang bawaan ke para tahanan, makanan juga dilarang. Soalnya pernah kejadian ada yang memberikan makanan, ternyata di dalam nasinya ada narkoba,” imbau Kholil, seorang petugas pengawal tahanan. 

Itulah mengapa kebijakan tersebut lantas dikeluhkan.

”Ya saya tau, katanya minggu lalu ada kejadian. Tapi jangan cuma gara-gara satu orang, imbasnya ke semua. Ini kan saya sudah tahan belanja, masak buat anak saya, tapi malah nggak bisa dibawa ke rutan,” ujar Siti Munizar, ibu napi narkoba bernama Asep Abdulkhodir. 

Terpisah Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Bandarlampung, Dasep Rana Budi, menjelaskan kebijakan tersebut dari pihak Kemenkumham Provinsi Lampung. Tujuannya agar tidak ada peredaran barang terlarang di dalam rutan. 

”Kami bukan melarang tanpa sebab akibat. Ini kan bentuk tegas agar rutan benar-benar terlepas dari peredaran barang-barang yang dilarang,” tandasnya. (*)

 

 

Editor Gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID