SMAN 1 Semaka, Tanggamus Gelar Pesantren Sastra - RILIS.ID
SMAN 1 Semaka, Tanggamus Gelar Pesantren Sastra
Gueade
Minggu | 27/05/2018 07.01 WIB
SMAN 1 Semaka, Tanggamus Gelar Pesantren Sastra
Isbedy Stiawan ZS (kiri) dan Fajar Mesaz. ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/ Sulis Wanto

RILIS.ID, Bandarlampung – SMA Negeri 1 Semaka, Tanggamus menggelar Pesantren Sastra. Kegiatan workshop mengisi bulan Ramadan bekerjasama dengan rilislampung.id sebagai media partner. Acara yang mengundang dua sastrawan Lampung, itu berlangsung di ruang perpustakaan sekolah, Rabu (30/5/2018), pukul 09.00 WIB.

Menurut Kepala SMAN 1 Semaka, Tanggamus, Timbul Prabowo, kegiatan ini bagian dari menumbuhkan minat siswa terhadap penulisan karya sastra, khususnya puisi, cerpen, dan novel.

Timbul didampingi Kepala Perpustakaan SMAN 1, Semaka Suciati, mengatakan kedua sastrawan nasional asal Lampung yang akan mengisi workshop itu ialah penyair Isbedy Stiawan ZS dan novelis Fajar Mesaz.

"Kami mengundang  sastrawan Lampung itu mengingat keduanya sudah tak asing dalam dunia sastra, khususnya Lampung dan Indonesia pada umumnya," kata Timbul kepada rilislampung.id, Minggu (27/5/2018).

Guru dan kepala perpustakaan, Suciati, menambahkan peserta yang akan mengikuti Pesantren Sastra diperkirakan sebanyak 40 siswa yang dinilai menyukai sastra.

Menurut Suci, agar workshop efektif pihaknya membatasi jumlah peserya.

”Diharapkan dari acara ini siswa dapat  menulis sastra, setidaknya puisi dan cerpen. Bahkan mungkin sebuah novel," kata Suci yang sedang menyelesaikan S2 di FKIP Unila.

Masih kata dia, karya siswa dari hasil workshop kelak diharapatkan bisa diterbitkan buku oleh sekolah. Sehingga karya mereka menjadi abadi.

Workshop sastra diakuinya baru kali pertama dilaksanakan di sekolah itu. Karena itu ia berharap bisa berlangsung rutin tiap tahunnya.

Sementara, Fajar Mesaz menjelaskan, Pesantren Sastra ini bisa berlangsung atas kerja sama pihak sekolah dengan Lamban Sastra Isbedy Stiawan.

”Ini bagian dari kepedulian Lamban Sastra menjalani misi mengenalkan sastra kepada siswa di kabupaten," kata novelis Maafkan Aku, Kuala Mesuji dan Lelaki Bersayap Angin itu.

Hal sama dikatakan sastrawan berjuluk Paus Sastra Lampung, Isbedy Stiawan ZS. Pengampu Lamban ini mengatakan, sejak tahun lalu Lamban Sastra kerap melaksanakan workshop dan even sastra bagi siswa SMA di Lampung.

"Jadi SMAN 1 Semaka ini sebagai awal dari Pesntren Sastra tahun 2018. Setelah ini ada rencana ke Mesuji dan Kalianda, Lampung Selatan. Juga kabupaten/kota lain di Lampung," jelas Isbedy. (*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID