Soal Penambangan Pasir di GAK, Puan: Jangan Sampai Menimbulkan Kerusuhan! - RILIS.ID
Soal Penambangan Pasir di GAK, Puan: Jangan Sampai Menimbulkan Kerusuhan!
Bayumi Adinata
Selasa | 26/11/2019 17.00 WIB
Soal Penambangan Pasir di GAK, Puan: Jangan Sampai Menimbulkan Kerusuhan!
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/Kalbi Rikardo

RILIS.ID, Bandarlampung – Aktivitas penambangan pasir di perairan Gunung Anak Krakatau (GAK) masih terus berlangsung. Pemprov Lampung pun belum melakukan tindakan tegas terkait kegiatan ilegal tersebut.

Padahal sebelumnya, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Lampung Taufik Hidayat menyatakan bahwa kegiatan penambangan pasir di kawasan GAK adalah penambangan ilegal.

Selain Pemprov, kegiatan penambangan pasir ilegal yang dilakukan PT Lautan Indonesia Persada (LIP) ini juga mengundang perhatian Ketua DPR RI Puan Maharani.

Puan pun meminta Direktorat Jenderal Pengairan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk menyetop penambangan pasir di kawasan GAK, Lampung Selatan.

Karena menurutnya, kegiatan ilegal tersebut berimplikasi sosial. Baca: Ditolak Warga, Kapal Penambang Pasir Gunung Anak Krakatau Sandar di Bakauheni

“Saya meminta Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dapat melakukan tindakan agar tidak terjadi hal yang diinginkan kepada masyarakat setempat,” katanya usai rapat koordinasi di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Lampung, Selasa (26/11/2019).

“Jangan sampai menimbulkan kerusuhan,” sambung Puan.

Sementara Sekprov Lampung Fahrizal Darminto mengatakan pencabutan izin perusahaan yang melakukan penambangan pasir masih dalam proses.

“Semestinya tanpa dicabut juga izinnya, mereka (PT LIP) sudah dilarang tidak boleh melakukan aktivitas penambangan di sana (GAK),” singkatnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID