Stabilkan Harga Jelang Lebaran, 178 Titik Digelar Pasar Murah - RILIS.ID
Stabilkan Harga Jelang Lebaran, 178 Titik Digelar Pasar Murah
Bayumi Adinata
Rabu | 22/05/2019 20.30 WIB
Stabilkan Harga Jelang Lebaran, 178 Titik Digelar Pasar Murah
ILUSTRASI: RILIS.ID/ Dendi Supratman

RILIS.ID, Bandarlampung – Menjelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, Dinas Perdagangan Provinsi Lampung berupaya agar tidak terjadi lonjakan harga bahan pokok.

Mereka karenanya memantau dan akan menggelar pasar murah di 178 titik di wilayah Provinsi Lampung.

Kepala Dinas Perdagangan, Satria Alam, mengatakan hal itu sesuai rapat bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), satgas pangan, dan pihak terkait.

”Selain itu, kami akan melakukan penetrasi pasar tidak hanya di Bandarlampung tapi seluruh Lampung,” paparnya kepada Rilislampung.id, Rabu (22/5/2019).

Pengamat Ekonomi Universitas Lampung, Asrian Hendi Caya, mengatakan pemerintah harus memperhatikan dua hal untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok menjelang Lebaran. 

Pertama, kelancaran akses transportasi sehingga angkutan bahan pokok bisa melakukan distribusi dengan lancar dan tepat waktu.

”Keterlambatan akan mengakibatkan kelangkaan dan harga kebutuhan pokok cenderung meningkat,” ingatnya.

Kedua, tim satuan tugas (satgas) pangan juga harus melakukan pemantauan secara intensif agar tidak terjadi penimbunan. Khususnya di berbagai komoditi yang sangat tinggi permintaannya seperti daging dan bawang putih. 

”Kenaikan harga bahan pokok memang tidak bisa dihindarkan, namun tetap perlu pengendalian. Jika pemerintah memperhatikan dua hal tersebut maka harga akan stabil,” pungkasnya. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID