Status Gunung Anak Krakatau Naik ke Level Siaga - RILIS.ID

Status Gunung Anak Krakatau Naik ke Level Siaga
El Shinta
Kamis | 27/12/2018 09.31 WIB
Status Gunung Anak Krakatau Naik ke Level Siaga
Sambaran petir yang terjadi akibat aktivitas erupsi Gunung Anak Krakatau yang terlihat dari Desa Rajabasa, beberapa waktu lalu. FOTO RILISLAMPUNGID/El Shinta

RILIS.ID, Lampung Selatan – Status Gunung Anak Krakatau (GAK) dinaikkan menjadi level III atau siaga. Peningkatan status dari level II atau waspada menjadi siaga ini mulai diaktifkan pada Kamis (27/12/2018) pukul 06.00 Wib.

Kepala Pos Pantau GAK di Desa Hargopancuran, Rajabasa, Andi Suardi, mengatakan peningkatan status menjadi siaga ditetapkan Badan Geologi, Pusat Vulcanologi, Migitasi Bencana Geologi Kementerian ESDM. 

"Kami dapat kabar status menjadi siaga pukul 06.00 Wib. Dari pos pantau aktivitas kawah gunung tidak teramati karena tertutup kabut dan terdengar suara dentuman dari pos," kata Andi kepada rilislampung.id

Ia menjelaskan, meski mengalami peningkatan aktivitas salah satu gunung berapi teraktif di dunia tidak ada perubahan. 

"Dari pos pantau masih tercatat aktivitas kegempaan tremor menerus terekam dengan amplitudo 8-32 mm dengan dominan 25 mm," terangnya. 

Andi mengungkapkan, dengan status baru ini radius aman pun diperluas dari dua kilometer menjadi lima kilometer. 

"Masyarakat, wisatawan, dan nelayan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius lima kilometer dari kawah," tandasnya.(*)

Editor Adi Pranoto


Tags
#GAK
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID