Studi Kelayakan Kabupaten Bandarlampung Rampung - RILIS.ID
Studi Kelayakan Kabupaten Bandarlampung Rampung
Agus Pamintaher
Selasa | 10/12/2019 22.10 WIB
Studi Kelayakan Kabupaten Bandarlampung Rampung
Ketua DPRD Lamsel Hendry Rosyadi. ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/ Anto RX

RILIS.ID, Lampung Selatan – Wacana pemekaran Lampung Selatan (Lamsel) kembali bergulir. Teranyar, studi kelayakan atau feasbility study daerah otonomi baru (DOB) yang diberi nama Kabupaten Bandarlampung tersebut sudah rampung.

Feasbility study pemekaran kabupaten sudah selesai oleh tim Unila (Universitas Lampung). Nota akademiknya juga sudah ada,” kata Ketua DPRD Lamsel Hendry Rosyadi saat menerima kunjungan Rilislampung.id di Kalianda, Selasa (10/12/2019).

Dalam studi kelayakan, lanjut Hendry, Kabupaten Bandarlampung akan memiliki lima kecamatan. Yakni Natar, Jatiagung, Tanjungbintang, Tanjungsari dan Merbau Mataram.

“Rencananya, ibu kota Kabupaten Bandarlampung di Kecamatan Jatiagung. Jumlah penduduk mencapai sekitar 400 ribu,” ujar politisi senior PDIP Lampung Selatan ini.

Menurut Hendry, pemilihan Kabupaten Bandarlampung berdasarkan kajian akademik, seperti Bandar Agung dan Natar Agung. Dari beberapa nama itu, lalu dilakukan penilaian dan nama Bandarlampung menempati posisi tertinggi.

“Dari skoring itu nama Bandarlampung skornya paling tinggi. Kajiannya dilakukan oleh akademisi Unila,” jelasnya.

Karenanya, Hendry juga tidak menampik jika sebelumnya Natar Agung menjadi salah satu kandidat kuat untuk DOB. Namun, wacana tersebut masih dalam pembahasan di tingkat kelompok tertentu.

“Saya juga mendengar ada Natar Agung, tapi itu hanya pembahasan di kelompok tertentu dan belum pernah feasibility study. Dan saya sudah menjelaskan hal itu kepada mereka,” pungkas Hendry. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID