Terduga Teroris di Jatiagung Ditenggarai Kelompok ISIS - RILIS.ID
Terduga Teroris di Jatiagung Ditenggarai Kelompok ISIS
PENULIS: [email protected], El Shinta
Jumat | 22/06/2018 16.33 WIB
Terduga Teroris di Jatiagung Ditenggarai Kelompok ISIS
Garis polisi terpasang di lokasi penangkapan terduga teroris di Pondok Pesantren Al-Mubaroq di Karanganyar, Jatiagung, Lampung Selatan, Jumat (22/6/2018). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ M. Iqbal

RILIS.ID, Lampung Selatan – Direktur Intelijen dan Keamanan Kepolisian Daerah Lampung (Dirintelkam Polda Lampung), Kombes Amran Ampulembang, membenarkan diamankannya pimpinan Pondok Pesantren Al-Mubaroq, Misgianto (55).

Terduga teroris itu dibekuk oleh Detasemen Khusus 88 Anti Teror Mabes Polri dan Polda Lampung, Jumat (22/6/2018) pagi.

”Ya sudah kita amankan tadi. Dia diduga masuk dalam JAD (Jamaah Ansharut Daulah),” katanya kepada rilislampung.id.

JAD diketahui terafiliasi dengan ISIS (Islamic State in Irak and Syria). ISIS adalah salah satu ekses Perang Irak pada 2003 yang berakar dari kelompok Al-Qaeda in Irak (AQI). AQI merupakan salah satu aktor utama dalam pemberontakan terhadap pemerintah Irak dan pasukan pendudukan asing di sana.

Di bawah kepemimpinan Abu Musab Al-Zarqawi, AQI bertanggung jawab atas beberapa serangan paling brutal selama konflik di Irak.

Menurut Amran, pihaknya telah memantau aktivitas Misgiyanto dan pondok pesantren (ponpes) dalam waktu cukup lama. 

”Ketika mulai terlihat ada gerak-gerik yang mengarah ke tindak pidana langsung kita amankan,” ujarnya tanpa menyebut tindak pidana dimaksud. 

Meski demikian, Amran belum dapat memastikan status yang akan disangkakan terhadap Misgianto. 

”Kita lakukan pemeriksaan dulu, lihat hasil pengembangannya seperti apadalam waktu 7 x 24 jam dari dirinya tertangkap sekarang ini,” tutupnya.

Pantauan rilislampung.id di lokasi kejadian pasca-penangkapan terduga, suasana ponpes terlihat sepi. Di halaman terlihat dua mobil dan satu unit sepeda motor.

Sedangkan di bagian pintu masuk menuju ponpes diberi garis polisi. Saat azan Asar berkumandang, terlihat dua orang pria ke luar dari pintu sebelah kiri menuju belakang bangunan. (*)


 

Editor Gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID