Tim Gabungan Sidak Jajanan di Dua Sekolah 'Elite', Hasilnya... - RILIS.ID
Tim Gabungan Sidak Jajanan di Dua Sekolah 'Elite', Hasilnya...

Rabu | 14/11/2018 16.57 WIB
Tim Gabungan Sidak Jajanan di Dua Sekolah 'Elite', Hasilnya...
Tim Satgas Pangan membeli sampel jajanan di kantin SDN 2 Rawa Laut, Rabu (14/11/2018). FOTO RILISLAMPUNG.ID/El Shinta

RILIS.ID, Bandarlampung – Tim Gabungan Satgas Pangan Kota Bandarlampung menggelar inspeksi mendadak (sidak) jajanan sekolah, Rabu (14/11/2018).

Sidak menyisir dua sekolah ’elit’ di Kota Tapis Berseri. Yakni SDN 2 Rawa Laut dan SD Kartika II-5 Bandarlampung. 

Kabid Distribusi Harga dan Cadangan Pangan Dinas Pangan Kota, Rozali Yahya, mengatakan tim gabungan mengambil sampel jajanan dari kantin sekolah.

”Ini kegiatan rutin mulai hari ini hingga 19 Desember nanti. Kita menyisir sejumlah tempat yang menjual aneka makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat. Tapi tempatnya rahasia,” kata Rozali.

Tim terdiri dari Dinas Pangan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM), Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Polresta Bandarlampung.

Sementara, Kabid Pemeriksaan BBPOM Kota Bandarlampung, Tri Suyarto, mengungkapkan hasil uji lab dari enam sampel yang diambil dari dua sekolah semuanya negatif zat berbahaya.

”Di SD Persit kita ambil sampel jajanan kantin makaroni, arum manis, dan singkong keju. Sedangkan di SD Teladan kita uji rolade, otak-otak, dan bakso, semuanya negatif zat rhodamin B, boraks, dan formalin,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, kedua kantin sekolah tersebut memang berada di bawah binaan BBPOM Bandarlampung.

”Masih menjadi catatan kita yaitu kebersihan. Seperti harus ada penjepit makanan pada gorengan karena dikhawatirkan perpindahan mikroorganisme lewat tangan anak-anak. Kantin merupakan salah satu tempat komunikasi dan pemenuhan gizi anak-anak,” tandasnya. (*)

 

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID