Tiyuh Karta Bangun Jalan Penghubung hingga Pasang 600 Lampu Jalan - RILIS.ID
Tiyuh Karta Bangun Jalan Penghubung hingga Pasang 600 Lampu Jalan
Joni Efriadi
Minggu | 11/08/2019 13.24 WIB
Tiyuh Karta Bangun Jalan Penghubung hingga Pasang 600 Lampu Jalan
Pemerintahan Tiyuh Karta membangun pengerasan jalan menggunakan dana desa. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Joni Efriadi

RILIS.ID, Tulangbawang Barat – Masyarakat Tiyuh Karta, Kecamatan Tulangbawang Udik, Kabupaten Tulangbawang Barat, secara swadaya membangun jalan hingga ratusan meter.

Kepalo Tiyuh Karta Sudiyaman mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan dana desa sekitar Rp1 miliar lebih pada tahun ini. Menurutnya, anggaran tersebut akan dialokasikan untuk membangun berbagai bangunan sesuai dengan kepentingan masyarakat yang telah terencana sebelumnya.

"Tiga tahap pencairan dana desa tahun 2019, tahap pertama digunakan untuk membangun sarana pendidikan berupa gedung sekolah Taman Kanak-kanak Putri Bulan, komplit beserta meja, kursi, lemari dan perlengkapan lain," katanya, Minggu (11/8/2019).

Sudiyaman menjelaskan, pembangunan di Tiyuh Karta memakai dana desa tahun 2019 bukan hanya pembangunan fisik saja, tetapi juga meliputi pembiayaan non-fisik, berupa insentif kader Tiyuh (Desa) dan pemberdayaan kelompok budidaya ikan air tawar sebesar Rp25 juta.

Menurut dia, karena badan jalan di Tiyuh tersebut telah banyak tergerus air hujan, maka pencairan dana desa tahap kedua telah digunakan untuk membangun siring pasang sepanjang 400 meter di jalan RK 7.

"Selain itu, karena melihat pentingnya jalan tembus antara Tiyuh Karta dan Tiyuh Kagunganratu, maka kami mempunyai inisiatif untuk membangun dengan perkerasan jalan (onderlaag) sepanjang 365 yang tertera dalam rencana anggaran biaya," tukasnya.

Dia mengungkapkan setelah melihat kenyataan di lapangan, ada kesalahan dalam perencanaan. Sebab, setelah diukur ulang, ternyata panjang badan jalan yang tersedia 467 meter, sehingga didapati selisih 102 meter yang selanjutnya tetap dibangun perkerasan, meski menggunakan dana pribadinya.

"Dalam perencanaan, dana desa pada pencairan ketiga akan kami gunakan untuk membangun penerangan jalan sebanyak enam ratus unit lampu jalan, hal itu sesuai keinginan masayarakat demi indahnya Tiyuh Karta pada malam hari," pungkas Sudiyaman. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID