Tugu Batas Pekon Dirusak, GIL Desak Pemkab segera Bersikap - RILIS.ID

Tugu Batas Pekon Dirusak, GIL Desak Pemkab segera Bersikap
[email protected]
Rabu, 2018/06/13 20.39
Tugu Batas Pekon Dirusak, GIL Desak Pemkab segera Bersikap
Penduduk Pekon Pelita Jaya bergotong-royong mendirikan ulang tugu batas, Selasa (12/6/2018). FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Pesisir Barat – Tugu batas di Pekon Pelita Jaya, Pesisir Selatan, Pesisir Barat (Pesbar) digali. Diduga, ada oknum yang sengaja membongkar.

Penduduk pekon setempat bermusyawarah untuk menyikapi perusakan itu. Akhirnya diputuskan untuk menyudahi spekulasi dengan mendirikan kembali tugu tersebut.

Pihak Peratin Pekon Pelita Jaya memang harus segera mengambil langkah cepat. Sebab, warga sudah mulai emosi. Apalagi beredar berbagai macam dugaan yang belum dapat dipastikan kebenarannya.

Saat mendirikan tugu tersebut, sempat terjadi cek-cok mulut dengan salah seorang penduduk Pekon Tanjung Jati. Perempuan itu mengatakan, lokasi tanah tempat tugu berdiri masuk wilayahnya, bukan Pekon Pelita Jaya.

Meski ada aparat Bintara Pembina Keamanan Masyarakat (Babinkamtibmas) dan Pekon Pelita Jaya, ia sempat menebar ancaman. Katanya, ia akan membongkar tugu yang terletak di pinggir rawa itu lagi.

Ketua Gamolan Institute Lampung, Novellia Yulistin, menjelaskan persoalan muncul dari Peraturan Bupati (Perbup) Pesbar No. 40 tahun 2017. Perbup tidak mengatur batas jelas antara kedua pekon.

Novel –sapaan akrab Novellia, karenanya meminta masyarakat menyikapi persoalan ini dengan kepala dingin. Terlebih, penduduk kedua pekon masih bersaudara dan berasal dari satu marga.

”Saya meminta Pemkab Pesbar segera menyelesaikan konflik yang seperti api dalam sekam ini. Jangan membiarkan masalah perbatasan sehingga menjadi konflik horizontal,” ingatnya.

Tanggungjawab penyelesaian konflik, menurut dia, juga menjadi tugas saibatin marga, tokoh adat, masyarakat, dan pemuda, serta peratin. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)