Umat Hindu Tagih Janji Pemkab Lamtim Sediakan Tempat Melasti - RILIS.ID

Umat Hindu Tagih Janji Pemkab Lamtim Sediakan Tempat Melasti
Rilis.id
Kamis, 2018/03/15 10.53
Umat Hindu Tagih Janji Pemkab Lamtim Sediakan Tempat Melasti
Umat Hindu melaksanakan Nyepi. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Lampung Timur – Umat Hindu di Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) meminta pemerintah kabupaten (pemkab) setempat menyediakan tempat untuk pelaksanaan ritual Melasti.

”Kabarnya sudah dianggarkan Pemkab Lamtim pada tahun ini, mohon umat Hindu dibantu sehingga kami memiliki tempat untuk pelaksanaan Melasti," kata I Wayan Sutarja, Rabu (14/3/2018).

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Lamtim itu menyebutkan, Pemkab Lamtim sebelumnya berencana menyediakan tempat seluas satu hektare (ha). Lokasinya di pinggir Pantai Desa Muara Gading Mas sebagai tempat pelaksanaan Melasti. Namun hingga sekarang belum dilakukan pembersihan lahan.

Pihak pemkab saat itu juga berencana membangunkan pelinggih atau Pura Segara. ”Saya berharap pemkab segera mewujudkan rencana tersebut sebagai bentuk perhatian meski jumlah umat Hindu minoritas,” ungkapnya seperti dikutip antara.

Pelaksanaan Melasti sendiri pada Rabu (14/3/2018) diikuti ribuan penganut agama Hindu dari berbagai wilayah di Lamtim. Tujuan Melasti yang dilakukan di pinggir pantai Desa Muara Gading Mas ini untuk mensucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)