Unik! Ada Pojok Baca di SMPN 1 Rajabasa - RILIS.ID
Unik! Ada Pojok Baca di SMPN 1 Rajabasa
[email protected]
Kamis | 08/08/2019 23.39 WIB
Unik! Ada Pojok Baca di SMPN 1 Rajabasa
Para siswa SMPN 1 Rajabasa memanfaatkan waktu senggang dengan membaca. FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Lampung Selatan – SMPN 1 Rajabasa, Lampung Selatan bekerjasama dengan relawan literasi motor pustaka, membuat Gerakan Literasi Sekolah. 

Pihak sekolah menggiatkan siswanya membaca dan menulis. Upaya itu diyakini sangat besar manfaatnya dalam pembentukan mental dan karakter anak.

Menurut Asih Kuriawati, wali kelas VII-B sekaligus guru bahasa Indonesia, gerakan ini diwujudkan dengan membuat perpustakaan mini di kelas. 

Siswa diberi kesempatan meminjam buku dan diwajibkan membuat resume atau sinopsis dalam buku khusus. 

Perpustakaan diletakkan di pojok menjadi sudut baca untuk para siswa di sela-sela aktivitas belajar di kelas.

"Meski baru hitungan bulan, progresnya cukup bagus. Kita melihat langsung bagaimana ketika jam istirahat, para siswa mulai antusias memanfaatkan fasilitas dan ruang terbuka untuk membaca," paparnya, Kamis (8/8/2019). 

Kepala SMPN 1 Rajabasa Endang Suryani, menambahkan membaca menambah pengetahuan dan menulis membuat anak mampu mengolah pikirannya secara kreatif. 

“Sebab jika siswa tekun dalam proses ini, maka harapan akan adanya peningkatan hasil belajar dapat tercapai,” sebutnya.

Dalam mengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah, tambah dia, ada tiga tahapan. Yaitu pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. 

“Setiap tahap ada indikator pencapaian, kapan mulai tahap pengembangan dan kapan pembelajaran ada indikatornya,” urainya. 

Saat ini terdapat empat rak buku dan selanjutnya akan ditambah. Relawan motor pustaka, Sugeng Hariyono, menambah koleksi dengan ratusan buku bacaan. 

“Saya mengapresiasi peran aktif para siswa dan wali murid yang mendukung kegiatan positif membuat perpustakaan atau pojok baca di kelas,” pungkas Endang. (*) 

 

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID