Usai Apel Siaga Masa Tenang, langsung Tertibkan APK - RILIS.ID
Usai Apel Siaga Masa Tenang, langsung Tertibkan APK
Bayumi Adinata
Minggu | 14/04/2019 18.39 WIB
Usai Apel Siaga Masa Tenang, langsung Tertibkan APK
Bawaslu Bandarampung melakukan Apel Siaga Patroli Pengawasan Pemilu tahun 2019 di Lapangan Waydadi, Sukarame, Bandarlampung, Minggu (14/4/2019). FOTO: HUMAS BAWASLU

RILIS.ID, Bandarlampung – Memasuki masa tenang 14-16 April, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bandarlampung melakukan Apel Siaga Patroli Pengawasan Pemilu 2019 di Lapangan Waydadi, Sukarame, Bandarlampung, Minggu (14/4/2019).

Hadir Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Fatikhatul Khoiriyah, Kapolres Kombes Wirdo Nefisco, dan Dandim 0410 Wahyu Jatmiko.

Lalu, Ketua KPU Kota Fauzi Heri, Forkopimda Kota Bandarlampung, ketua partai politik se-Bandarlampung, panwaslu kecamatan, kelurahan, dan TPS.

Khoir –sapaan Fatikhatul, saat menjadi pembina apel mengamanatkan seluruh pengawas pemilu sebelum coblosan, terlebih dulu mengawasi masa tenang.

"Masa ini merupakan salah satu fase krusial dalam pelaksanaan pemilu yang akan menguji integritas seluruh elemen bangsa. Termasuk di dalamnya bawaslu dan peserta pemilu,” ingatnya. 

Berdasarkan pengalaman bawaslu, ungkap Khoir, baik pada agenda pemilihan kepala daerah maupun pemilu sebelumnya, masa tenang cenderung diwarnai praktik-praktik kecurangan.

Saat apel itu pula kapolres dan dandim juga memberi arahan bahwa dalam menghadapi masa tenang serta menyambut coblosan, jajarannya siap mendampingi serta mengawal.

Di akhir kegiatan, bawaslu provinsi dan Kota Bandarlampung didampingi seluruh peserta dan tamu melakukan pelepasan patroli pengawasan pemilu 2019 secara simbolis.

Selanjutnya pengawas pemilu dibagi menjadi beberapa tim yang bekerjasama dengan Polisi Pamong Praja dan Kesbangpol untuk menertibkan alat peraga kampanye (APK).

Penertiban dimulai dari Kantor Polisi Pamong Praja dilanjutkan ke jalan-jalan protokol di Bandarlampung. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID