Wakapolda Lampung Beber Kerawanan Pemilu 2019 - RILIS.ID

Wakapolda Lampung Beber Kerawanan Pemilu 2019
[email protected]
Rabu | 13/03/2019 21.51 WIB
Wakapolda Lampung Beber Kerawanan Pemilu 2019
Plt. Bupati Mesuji Saply TH dan Wakapolda Lampung Brigjen Teddy Minahasa saat acara talk show Pemilu 2019 di Taman Keanekaragaman Hayati, Rabu (13/3/2019). FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Mesuji – Wakapolda Lampung Brigjen Teddy Minahasa menegaskan bahwa Pemilu 2019 merupakan hajat seluruh elemen bangsa Indonesia.

“Pemilu bukan hajat KPU, Bawaslu, TNI, juga Polri, namun sudah hajatnya seluruh elemen bangsa Indonesia,” katanya saat acara talk show Pemilu 2019 di Taman Keanekaragaman Hayati, Desa Mekarjaya, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Mesuji, Rabu (13/3/2019).

Untuk itu, lanjut Teddy, pihaknya mengajak seluruh elemen bangsa untuk mengawasi segala bentuk pelanggaran.

“Seperti politik uang harus kita hindari," ujar mantan Kapolda Banten ini.

Teddy mengakui terdapat kerawanan yang akan dihadapi pada pesta demokrasi tahun ini. Seperti terorisme, konflik sosial, rusuh sosial, dan sabotase.

"Secara pribadi, yang harus dihindari adalah politik identitas yakni suku, agama, ras. Semua itu dapat memecah belah bangsa," tegasnya.

Pihaknya juga mengungkapkan bahwa kekuatan personel TNI dan Polri belum proporsional untuk mengamankan Pemilu serentak.

Jenderal bintang satu itu mencontohkan kondisi di Mesuji yang memiliki 601 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan kekuatan personel Polres Mesuji hanya 189.

“Artinya, ada 412 TPS yang tidak terjaga oleh polisi. Kekurangan personil ini akan menjadi pertimbangan kami,” ujarnya.

Hal itu, masih menurut Teddy, dapat teratasi apabila partisipasi masyarakat tinggi terhadap pemilu.

“Terutama partisipasi masyarakat mengawasi sejumlah potensi kerawanan yang ada,” tandasnya.

Sementara salah seorang tokoh adat Mesuji, Mat Jaya optimistis penyelenggaraan Pemilu 2019 akan berjalan dengan aman, damai dan sejuk.

“Saya sebagai Ketua Adat Mesuji optimis pemilu kali ini, baik pemilihan presiden maupun leglislatif, dapat berjalan dengan aman,” ucapnya.

Talk show menghadirkan sejumlah pembicara, di antaranya Dirreskrimum Polda Lampung Kombes Boby Marpaung, Komisioner KPU Handy Mulyaningsih, dan pengamat politik Himawan Indrajat. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID