Wakapolda Minta Masyarakat Cegah Pelanggaran Pemilu - RILIS.ID
Wakapolda Minta Masyarakat Cegah Pelanggaran Pemilu
[email protected]
Rabu | 27/03/2019 22.23 WIB
Wakapolda Minta Masyarakat Cegah Pelanggaran Pemilu
Wakapolda Lampung Brigjen Teddy Minahasa memberikan bingkisan kepada warga Pesawaran saat talk show "Pemilu Harapan Kita" di Rumah Dinas Bupati Pesawaran, Rabu (27/3/2019). FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Pesawaran – Wakapolda Lampung Brigadir Jenderal Polisi Teddy Minahasa mengatakan Pemilu 2019 harus berlangsung jujur dan adil. Ia juga mengajak partisipasi masyarakat untuk mencegah terjadinya pelanggaran pemilu.

"Polri memiliki tugas pokok dan fungsi untuk mengamankan pemilu dapat berjalan dengan baik. Saya berharap partisipasi masyarakat, bersinergi dengan Polri untuk mencegah terjadinya pelanggaran pemilu, sehingga pemilu 2019 dapat berlangsung dengan lancar, aman dan sejuk," katanya saat talk show "Pemilu Harapan Kita" di Rumah Dinas Bupati Pesawaran, Rabu (27/3/2019).

Menurut Teddy, Polri mampu melakukan tindakan hukum dalam pelaksanaan pemilu seperti diatur dalam perundang-undangan, terutama pelanggaran money politics maupun tindakan lain yang dilakukan masyarakat dan parpol.

Termasuk orang yang dengan sengaja pada saat penyelenggaraan pemilu menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada orang lain untuk tidak menggunakan hak suaranya atau menggunakan hak suaranya untuk memilih pasangan calon tertentu atau cara tertentu itu dipidana maksimal 3 tahun dan denda maksimal Rp36 juta.

"Kita juga terus melakukan monitoring di sejumlah lokasi tertentu dalam hal kerawanan pemilu, baik saat kampanye, pencoblosan hingga pendistribusian logistik," ujarnya.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona optimitis Pemilu 2019 akan berlangsung lancar, aman dan sejuk jika melibatkan partisipasi masyarakat.

"Kita berharap kepada seluruh elemen agar dapat melaksanakan pemilu secara baik sehingga menghasilkan pemilu yang barokah dan berkualitas. Untuk itu, kami pemerintah daerah bersama masyarakat siap melaksanakan pemilu 2019," tuturnya.

Talk show menghadirkan tiga narasumber, yakni Ketua KPU Lampung Nanang trenggono, Dirintelkam Polda Lampung Kombes Amran Ampulembang dan akademisi Unila Sigit Krisbiantoro. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID