Wali Kota Optimistis Akhir September Tapping Box Terpasang 200 Unit - RILIS.ID
Wali Kota Optimistis Akhir September Tapping Box Terpasang 200 Unit
El Shinta
Minggu | 23/09/2018 18.20 WIB
Wali Kota Optimistis Akhir September Tapping Box Terpasang 200 Unit
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/Anto RX

RILIS.ID, Bandarlampung – Setelah memegang kartu AS dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Pemerintah Kota (Pemkot) tancap gas untuk memasang alat tapping box di tiap mesin kasir di seluruh restoran dan hotel. Hal ini diyakini dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2018 yang hanya tinggal menghitung bulan. 

Wali Kota Bandarlampung, Herman HN optimistis akhir bulan ini pihaknya menargetkan 200 tapping box sudah dipasang di tiap restoran. 

"Akhir bulan ini harus terpasang supaya penerimaan kita besar. Tapi yang kita pasang itu yang bandel, yang nggak mau nyetor ke kita. Mana yang suka bohongin Herman HN itu yang duluan," singkat Herman, Minggu (23/9/2018). 

Lain halnya dengan Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD), Yanwardi. Ia mengaku target pemasangan tapping box sulit dilakukan pada bulan ini.

Pasalnya, pihak Bank Lampung selaku penyedia alat belum selesai melakukan proses pengadaan barang dan jasa. 

"Kita sudah nanya terus, katanya lagi mau tenderlah, penunjukkan lah. Padahal kan sudah diminta KPK segera. Mungkin karena uangnya banyak makanya pakai proses tender, tapi mereka mungkin banyak pertimbangan, kita hanya terima beres," katanya. 

Dirinya menjelaskan, pemkot tidak akan mengeluarkan uang sewa alat apapun. Karena semuanya akan diurus Bank Lampung. 

"Mereka yang sistem sewa, bukan kita, kita hanya dibantu. Uang itu kan masuk melalui Bank Lampung ke kas daerah kita. Makanya kalau ditanya soal alat ini kita nggak bisa ngomong apa-apa," ungkapnya. 

Untuk total alat, sambung Yanwardi, Bank Lampung akan memperbantukan 400 unit tapping box untuk meng-cover seluruh restoran dan hotel di Kota Seribu Siger. 

"Kalau seluruh alatnya ada 400 unit, tapi bertahap dulu 200 unit. Maksudnya Pak Wali dan Pak Choky (KPK) segera biar PAD kita bisa segera ditingkatkan," ujarnya. 

Disinggung apakah target PAD tahun ini akan tercapai jika pemasangan tapping box dipercepat? Yanwardi mengaku hal itu bisa saja terjadi. 

"Saat ini PAD sudah mencapai 47 persen atau Rp 200 miliar lebih dari target Rp788 Miliar. Waktunya kan pendek tinggal 3 bulan lagi, maunya sih 100 persen, kita lihat nanti," pungkasnya. (*)

 

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID