Yustin Ficardo Ajak Masyarakat Cintai Batik Lampung - RILIS.ID
Yustin Ficardo Ajak Masyarakat Cintai Batik Lampung
[email protected]
Selasa | 09/10/2018 16.05 WIB
Yustin Ficardo Ajak Masyarakat Cintai Batik Lampung
Ketua Tim Penggerak PKK Aprilani Yustin Ficardo melihat salah satu batik karya desainer Lampung. FOTO-FOTO: HUMAS PEMPROV LAMPUNG

RILIS.ID, Bandarlampung – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo mengimbau masyarakat turut berpartisipasi untuk melestarikan dan menggunakan batik khas Lampung yang memiliki keunikan tersendiri dengan segala kelebihan dan keunikan corak, warna, dan bahan yang dimiliki.

Pesan itu ia sampaikan saat memberikan sambutan pada acara Hari Batik Nasional Beauty Ruwa Jurai Lampung 2018 di Balai Keratun, Selasa (9/10/2018).

Dalam kesempatan itu, Yustin memberikan ucapan selamat kepada Dewan Pimipinan Daerah Asosiasi Profesi Batik & Tenun Nusantara (APBTN) Bhuana Provinsi Lampung yang telah sukses menyelenggarakan rangkaian acara Hari Batik Nasional Provinsi Lampung tahun 2018 bertemakan Beauty Ruwa Jurai.

“Kemajuan dalam meningkatkan ragam dan kualitas produk kerajinan tidak terlepas dari peran organisasi profesi semacam APBTN Bhuana DPD Lampung ini yang secara khusus bergerak menjaga eksistensi,dan melestarikan wastra adat Provinsi Lampung yang salah satunya adalah batik dan tenun,” kata istri gubernur Lampung ini.

Menurut Yustin, Hari Batik Nasional merupakan bagian tak terpisahkan atas pengukuhan UNESCO yang menyebutkan bahwa batik Indonesia menjadi warisan budaya tak benda yang ditetapkan pada 2 Oktober 2009.

Dia menyatakan bahwa pengukuhan UNESCO tersebut menjadi suatu kebanggaan dan pengakuan internasional terhadap seni budaya Indonesia sekaligus tantangan bagi bangsa Indonesia untuk terus melestarikan, memelihara dan melindungi batik sebagai warisan budaya yang berkelanjutan.

“Pemerintah Provinsi Lampung sangat mengapresiasi para pengrajin batik yang tergabung dalam Asosiasi Pengrajin Batik Lampung yang telah mengembangkan batik daerah setempat hingga ke mancanegara,” tutur Ketua Dekranasda Lampung ini.

Yustin berharap masyarakat Lampung terus mencintai dan mengenakan batik. Pihaknya juga meminta Asosiasi Batik Lampung untuk membantu para pengerajin dan lebih mengembangkan kerajinan batik Lampung.

“Pengurus dan anggota organisasi ini serta seluruh pemangku kepentingan kerajinan daerah agar dapat berperan aktif dan menjadi tanggung jawab moril untuk menciptakan para pengerajin dan pelaku usaha yang memilki kreativitas tinggi sehingga nantinya dapat memberikan sumbangsih dalam pembangunan daerah yang berbasis ekonomi kreatif,” tutup Yustin.

Sementara Ketua DPD APBTN Bhuana Provinsi Lampung Laila Alhusna menyampaikan bahwa tema yang diangkat pada hari ini memadukan gaya internasional namun tetap mempertahankan kearifan lokal.

“Jika diartikan secara luas Beauty Ruwa Jurai adalah keagungan dari dua adat istiadat yang menyatu. Keagungan tergambar dari kekayaan adat yang pada kesempatan kali ini mengeksplorasi keindahan batik dan tenun sesuai dengan arahan Ketua Dekransada Provinsi Lampung dan peringatan Hari Batik Nasional,” ujarnya.

Pada acara tersebut juga menampilkan peragaan busana batik karya Aan Ibrahim, Zet Collection by Ida Idris, dan Laila Al Lhusna.

Kemudian penyerahan hadiah bagi 53 pemenang dari empat lomba, di antaranya lomba desain tenun; membatik; mewarnai desain batik; dan fashion show batik tenun. (ADV)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID