14 PDP Corona Lampung Dirawat di 9 Rumah Sakit - RILIS.ID
14 PDP Corona Lampung Dirawat di 9 Rumah Sakit
Segan Simanjuntak
Rabu | 01/04/2020 20.17 WIB
14 PDP Corona Lampung Dirawat di 9 Rumah Sakit
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/Kalbi Rikardo

RILIS.ID, Bandarlampung – Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Reihana memperbarui jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) corona yang bertambah menjadi 14 orang.

Ke-14 PDP itu menjalani perawatan di beberapa rumah sakit rujukan penanggulangan Penyakit Infeksi Emerging (PIE) sesuai keputusan Gubernur Lampung Nomor: G/167/V.02/HK/2020 tanggal 16 Maret 2020.

Baca: Wagub Lampung: Pasien 01 dan 03 COVID-19 Sembuh

Yakni empat PDP dirawat di RSUD Abdul Moeloek, Bandarlampung; tiga orang di RSUD Demang Sepulau Raya, Lampung Tengah; satu pasien di RSUD Ahmad Yani, Metro; satu orang di RSUD Bob Bazar, Lampung Selatan.

Kemudian RSUD Menggala (1); RS Graha Husada (1); RS Urip Sumoharjo (1); RS Immanuel (1); dan RSIA Bunda Asy-Syifa (1).

“Memang ada penambahan pasien dalam pengawasan sejak Selasa (31/3/2020), dari 10 menjadi 14 PDP,” kata Reihana dalam video conference, Rabu (1/4/2020) malam.

Baca juga: 1 Pasien Positif Corona di Lampung Meninggal

Mengenai jumlah pasien positif yang tetap berjumlah delapan orang, Reihana menjelaskan pencatatan kasus Covid-19 harus sesuai dengan kondisi riil, meski beberapa pasien positif sudah dinyatakan sembuh dan meninggal dunia.

“Ada aturan dari Kementerian Kesehatan, bahwa kasus positif (Covid-19) baik yang sembuh atau ada yang meninggal, tidak boleh dihilangkan. Jadi, tetap sejumlah yang ada (8 positif), walaupun kita tahu yang dua sudah sembuh, satu meninggal dan satu dirawat di RSUDAM,” jelasnya.

Sedangkan empat pasien positif lainnya akan menjalani perawatan di Rumah Sakit Bandar Negara Husada (RSBNH), Jatiagung, Lampung Selatan.

“Alhamdulillah, siang tadi jam 1, empat pasien positif Covid-19 yang tanpa gejala atau sehat sudah berada di Rumah Sakit Bandar Negara Husada,” ujar Reihana.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung ini menambahkan keempat pasien positif hasil tracing tersebut sudah dilakukan pemeriksaan swab pada 24 Maret 2020.

“Pada hari ke-14 akan diambil kembali (swab). Kalau memang sudah negatif, kita bisa pulangkan mereka ke rumahnya masing-masing,” pungkasnya. (*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID