26.669 Orang Siap Bersaing, Berikut Jadwal dan Lokasi UTBK SBMPTN Unila
Dora Afrohah
Selasa | 06/04/2021 08.15 WIB
26.669 Orang Siap Bersaing, Berikut Jadwal dan Lokasi UTBK SBMPTN Unila
Gedung Rektorat Unila. Foto: Dora

Pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Lampung (Unila) resmi ditutup pada 1April 2021.

Total pendaftar UTBK di Unila mencapai 16.108 peserta sejak pendaftaran dibuka pada 15 Maret 2021 lalu. Rincian pendaftarnya yakni bidang sains dan teknologi (saintek) 6.748 orang, sosial dan hukum (soshum) 7.946 orang, serta campuran 1.414 orang.

“Jumlah itu total yang ikut ujian di Unila, bukan yang memilih Unila. Sebab ada juga yang memilih ujian di tempat lain, tapi memilih Unila atau ikut ujian di Unila tapi memilih universitas lain,” ungkap Helmy Fitriawan, Kepala Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru Unila saat ditemui Rilislampung, Selasa (6/4/2021).

Adapun total peminat SBMPTN Unila mencapai 26.669 orang. Ada 5 program studi favorit saintek, yaitu Pendidikan Kedokteran, Farmasi, Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan Teknik Sipil. Sementara untuk program studi favorit soshum yaitu Ilmu Hukum, Manajemen, PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), Ilmu Komunikasi dan Ilmu Administrasi Bisnis atau Niaga.

“Sementara yang direncanakan untuk kuota SBMPTN Unila ada 4.033 kursi,” ungkap Helmy lagi.

UTBK Unila sendiri akan dimulai pada 12-18 April, kemudian dilanjutkan pada 26 April-2 Mei 2021. 

Lebih lanjut, Helmy juga menjelaskan bahwa tidak ada ujian di daerah domisili. Lokasi ujian harus di pusat UTBK yang sudah ditetapkan LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). Misalnya di Lampung ada dua pusat UTBK yaitu Unila dan Institut Teknologi Sumatera (Itera). 

Sementara ada lima lokasi UTBK Unila, yaitu di UPT TIK, UPT Balai Bahasa, Fakultas MIPA, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ekonomi Bisnis.

Nantinya akan ada 28 sesi yang terbagi dalam 14 hari tersebut, dan dalam satu hari dibagi menjadi dua sesi yaitu, pagi dan siang. Akan ada sekitar 635 orang per sesi dari 16.108 peserta.

“Jadi ada dua gelombang waktu. Tapi peserta hanya ujian satu kali di salah satu sesi dari salah satu hari tersebut. Isi ruangan juga tidak semua sama. Tergantung kapasitas dan fasilitas gedung tersebut,” paparnya lagi.

Terkait antisipasi kendala pada saat UTBK, Helmy juga menjelaskan bahwa pihaknya memiliki teknisi yang sudah dilatih, komputer yang sudah dicek dan diupdate serta sudah melakukan uji coba jaringan. 

Nantinya hasil UTBK SBMPTN Unila akan diumumkan pada 14 Juni 2021 melalui akun LTMPT setiap peserta. (*)

Editor Andry Kurniawan


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID