524 Huntap untuk Korban Tsunami Lamsel Mulai Dibangun
lampung@rilis.id
Rabu | 22/07/2020 19.56 WIB
524 Huntap untuk Korban Tsunami Lamsel Mulai Dibangun
FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Lampung Selatan – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) melakukan peletakan batu pertama pembangunan hunian tetap (huntap) untuk korban terdampak tsunami pada 2018 lalu di Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Rabu (22/7/2020).

Sebanyak 524 unit hunian tetap akan dibangun secara swakelola oleh kelompok masyarakat penerima bantuan.

Tujuh unit rumah percontohan mulai dibangun di Desa Kunjir. Kemudian akan dibangun di desa lainnya yang tersebar di Kecamatan Kalianda, Sidomulyo, dan Katibung.

“Alhamdulilah peletakan batu pertama pembangunan 524 huntap kita mulai hari ini. Tanpa kebersamaan, persatuan dan kesatuan tidak mungkin bisa secepat ini. Huntap ini diperuntukan bagi saudara kita yang menjadi korban bencana tsunami,” ujar Bupati Lamsel Nanang Ermanto.

Nanang mengatakan pembangunan huntap merupakan bentuk keseriusan dan tanggung jawab pemerintah daerah kepada masyarakatnya.

“Ini menandakan bahwa pemerintah selalu ada untuk masyarakat. Dan pemerintah akan terus memantau perkembangan pembangunan huntap ini sampai pembangunannya selesai dan dapat dihuni oleh masyarakat yang berhak menempatinya,” katanya.

Ia berharap kepada masyarakat yang akan menerima bantuan huntap agar benar-benar memanfaatkan penggunaannya.

Sebab menurutnya, tidak semua masyarakat terdampak tsunami dapat memiliki rumah huntap tersebut.

“Masyarakat harus menyadari bahwa rumah yang layak itu merupakan salah satu kebutuhan pokok. Saya meminta kepada aparatur desa dan pihak terkait lainnya untuk terus memantau pelaksanaan pembangunan huntap ini hingga selesai dan siap huni,” tegasnya.

Setelah pembangunan huntap, Nanang juga berharap fasilitas lain bisa segera dibangun. Seperti rumah ibadah, listrik, air bersih dan MCK.

“Nanti di pinggir pantai juga akan kita tanami pohon untuk pengembangan wisata. Sehingga anak-anak juga merasa nyaman dengan tinggal tidak jauh dari bibir pantai. Setelah itu ada juga bantuan lain sebagai stimulus ekonomi sosial bagi masyarakat,” tandasnya.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Lamsel M. Darmawan menjelaskan Pemkab Lampung Selatan mendapatkan hibah untuk membangun 524 unit huntap yang akan dibangun di lahan seluas 76.609 meter persegi.

Rinciannya, Kecamatan Rajabasa meliputi Desa Kunjir sebanyak 138 unit, Desa Way Muli Timur 129 unit, Desa Way Muli 58 unit, Desa Sukaraja 20 unit, Desa Rajabasa 34 unit, dan Desa Banding 13 unit.

Di Kecamatan Kalianda, yakni Kelurahan Kalianda dan Way Urang sebanyak 35 unit dan Desa Maja 89 unit. Kecamatan Sidomulyo akan dibangun dua unit di Desa Suak. Terakhir di Desa Tarahan, Kecamatan Katibung sebanyak 6 unit.

“Pembangunan Huntap ini nantinya dilaksanakan dengan metode swakelola oleh kelompok masyarakat penerima bantuan. Jadi tidak ditenderkan, tapi dikelola oleh kelompok masyarakat yang sudah dibentuk oleh desa dan tim fasilitator,” ujar Darmawan. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID