60 Tahun Berdiri, Akses Masuk ke Dusun Saluy Baru Jalan Setapak

Selasa | 27/03/2018 09.48 WIB
60 Tahun Berdiri, Akses Masuk ke Dusun Saluy Baru Jalan Setapak
Salah satu sungai yang harus dilewati jika ingin ke Dusun Saluy, Tanjungpandan, Pesawaran. Foto dibidik Senin (27/3/2018). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Bayumi Adinata

RILIS.ID, Bandarlampung – Dusun Saluy, daerah terisolir dan terletak di perbatasan Kota Bandarlampung dan Kabupaten Pesawaran, dipastikan masuk Desa Tanjungagung Kecamatan Telukpandan.

Kepala Desa (Kades) Tanjungagung, Kamroni menjelaskan, Dusun Saluy bukan berada di lahan register. Namun ia tidak bisa memastikan apakah masyarakat di sana memiliki sertifikat lahan atau tidak. Yang jelas, Dusun Saluy berdiri di atas lahan seluas 20 ribu meter persegi.

"Saluy itu nama orang, tokoh masyarakat di sana yang bernama Muhammad Saluy Supardi. Dia menjabat kepala dusun yang saat ini diturunkan kepada anaknya, Samhudi,” paparnya kepada rilislampung.id, Senin (26/3/2018).

Dia mengakui, dusun tanpa listrik yang sudah berdiri 60 tahun sejak 1958 itu masuk daerah tertinggal. Pada akhir tahun 2017, melalui dana desa (DD) pihaknya telah membangun jalan setapak kurang lebih tiga kilometer (km). Jalan menghubungkan Dusun Saluy dengan Dusun Umbulkunci Kelurahan Keteguhan, Telukbetung Barat (TbB), Bandarlampung.

Jangan bayangkan jalan dimaksud adalah jalan aspal. Jalan itu masih tanah merah yang sangat licin bila hujan turun. Meski jaraknya hanya sekitar tiga kilometer, waktu tempuh dengan sepeda motor bisa menghabiskan 1,5 jam. Jika tidak hati-hati atau ban kendaraan gundul, besar risiko tergelincir dan jatuh ke kubangan lumpur jalan.

Jalan setapak itu juga melewati tiga sungai dengan bebatuan licin. Aliran airnya memang tak deras. Namun jangan tanya saat hujan, tidak ada seorangpun yang berani melintasinya. Wartawan rilislampung.id sendiri harus meminta pertolongan anak-anak di sana yang memang sudah terbiasa agar bisa menyeberang. (*)

 


 

 

Editor Gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID