7 Pejabat Eselon III Dilantik Jadi Kadis, Salah Satunya Bekas Cawawali Bandarlampung
Segan Simanjuntak
Sabtu | 17/10/2020 14.40 WIB
7 Pejabat Eselon III Dilantik Jadi Kadis, Salah Satunya Bekas Cawawali Bandarlampung
Inilah para pejabat eselon IIA yang dilantik Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Jumat (16/10/2020). FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Bandarlampung – Sejumlah wajah baru mendominasi kabinet Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wagub Chusnunia Chalim. Hal ini terlihat setelah pelantikan jabatan pejabat tinggi pratama yang digelar pada Jumat (16/10/2020).

Setidaknya ada tujuh pejabat eselon III yang naik kasta menjadi eselon IIA dengan jabatan sebagai kepala dinas (kadis) dan kepala badan.

Baca: Arinal Rombak Pejabat Eselon II Pemprov Lampung, Ini Daftarnya

Berdasarkan data yang dihimpun Rilislampung, Sabtu (17/10/2020), dari tujuh pejabat itu salah satunya pernah mencalonkan diri sebagai calon wakil wali kota (Cawawali) Bandarlampung pada Pilkada 2005 silam.

Ia adalah Rudy Syawal Sugiarto, yang dilantik menjadi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung.

Rudy sebelumnya menjabat sebagai Kepala Cabang Dinas Wilayah II pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Lampung.

Karir Rudy sebagai birokrat memang terbilang kurang moncer. Termasuk petualangannya di dunia politik.

Kala itu, Rudy memutuskan menjadi cawawali berpasangan dengan Sjachrazad ZP di Pilkada Bandarlampung 2005. Pasangan yang diusung Partai Golkar ini gagal melaju ke putaran kedua.

Selain Rudy, Arinal juga mempromosikan Yanyan Ruchyansyah sebagai Kepala Dinas Kehutanan. Sebelumnya, Yanyan menjabat Kepala UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Batutegi pada Dinas Kehutanan.

Kemudian Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Aswarodi dilantik sebagai Kepala Dinas Sosial.

Muhammad Firsada sebelumnya menjabat Kepala Bagian Reformasi Birokrasi pada Biro Organisasi diangkat menjadi kepala Kesbangpol.

Fitrianita Damhuri, yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi diangkat menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Lili Mawarti yang menjabat Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dilantik sebagai Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Nama terakhir adalah Muhammad Zulkarnain, yang sebelumnya Kepala Bagian Kerjasama Pejabat Negara dan Legislatif pada Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah diangkat menjadi Kasatpol PP Lampung.

Pada kesempatan itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan pelantikan merupakan tindak lanjut dari seleksi terbuka jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama sekaligus untuk mengisi kekosongan jabatan di beberapa OPD. (*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID