Adu Kuat Wabup Lampura: Ada Imam, Patimura, Agung, dan Darwin
Furkon Ari
Sabtu | 24/04/2021 21.56 WIB
Adu Kuat Wabup Lampura: Ada Imam, Patimura, Agung, dan Darwin
Presidium Koalisi Perubahan Abdi, Farouk Danial (kiri). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Furkon Ari

RILIS.ID, Lampung Utara – Presidium Koalisi Perubahan pengusung Bupati dan Wakil Bupati Agung-Budi (Abdi) Lampung Utara, Farouk Danial, hingga kini belum juga mengusulkan dua nama calon wakil bupati kepada Bupati Budi Utomo.

Farouk menyatakan pihaknya akan segera memusyawarkan hal ini dengan empat partai politik pengusung Abdi. Yakni Partai Gerindra, PAN, PKS, dan NasDem.

Ini setelah adanya payung hukum yang ditetapkan DPRD Lampura pascaoperasi tangkap tangan (OTT) mantan bupati Lampura Agung Ilmu Mangkunegara oleh KPK pada September 2019.

"Pihak legislatif kini tengah menggodok tata tertib dan ketentuan lainnya soal proses pemilihan wakil bupati," kata Farouk yang juga ketua DPC Gerindra Lampura, Sabtu (24/4/2021).

Farouk tidak membantah, jika masing-masing parpol telah memiliki kandidat calon wakil bupati. Sebab, hal ini merupakan hak partai.

Desas-desusnya NasDem Lampura menjagokan ketuanya, Imam Syuhada, yang juga anggota DPRD Provinsi Lampung. Sedangkan Gerindra mengusulkan seketaris DPD Gerindra Lampung Patimura.

Untuk PKS kabarnya mengusung Agung Utomo anggota DPRD Lampura yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) PKS setempat.

Kemudian PAN menjagokan Darwin Hifni, anggota DPRD Lampung yang juga mantan Ketua DPD PAN Lampura.

"Nah, dalam musyawarah nanti kita tentukan dua nama. Terbaik dari yang terbaik usulan parpol. Keputusan juga mengacu rekomendasi DPP masing-masing partai," papar Farouk. 

Meski begitu, politikus senior ini juga berpesan agar calon wakil bupati pendamping Budi nantinya adalah 'calon murni'.

"Artinya calon wakil itu murni, tidak adanya campur tangan dari cukong ataupun pihak lain di belakangnya. Sehingga amanah dalam menjalankan tugasnya," harap Farouk.

Diketahui, DPRD Lampura telah membentuk panitia khusus (pansus) membahas tata tertib Pemilihan Wakil Bupati Lampung Utara 2019–2024.

Ketua Pansus DPRD Lampura, Wansori, mengatakan pembahasan rencananya dilakukan usai Lebaran.

Politisi Demokrat ini menyebutkan pansus akan bertugas menentukan seluruh tahapan pemilihan dan kini tengah dalam proses.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sebelumnya juga telah mengintruksikan agar jabatan wakil bupati Lampura segera diisi.

Ketentuan ini sudah diatur dalam undang-undang. Selain itu agar tugas Budi sebagai bupati ada yang membantu.

Budi Utomo sebelumnya menjabat wakil bupati berpasangan dengan Agung. Ia naik tahta karena Agung tertangkap KPK. Pasangan ini menang pada pilkada 2018 silam. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID