Ahmad Bastian
Kalbi Rikardo
Senin | 25/01/2021 18.48 WIB
Ahmad Bastian
Anggota DPD RI Dapil Lampung Ahmad Bastian. Grafis: RILISLAMPUNG.ID/ Kalbi Rikardo

RILIS.ID, Lampung – Anggota Komite I DPD RI Ahmad Bastian mengapresiasi kebijakan pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) yang telah meluncurkan layanan sertifikat tanah secara online atau e-sertifikat.

Layanan e-Sertifikat ini diatur dalam Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 1 Tahun 2021 tentang Sertifikat Elektronik.

Baca Artikel Lengkapnya: Anggota DPD RI Ahmad Bastian Apresiasi Pengurusan Sertifikat Tanah Secara Online

Bastian menerangkan program yang dibuat sebagai strategi pemberantasan masalah sengketa tanah itu akan sangat bermanfaat.

"Kita tahu masalah sengketa tanah tidak kunjung berkurang, dan justru semakin banyak setiap tahunnya karena serfitikat tanah ini bisa dipindahtangankan. Dengan digitalisasi sertifikat tanah, peluang pihak-pihak tak bertanggung jawab berbuat nakal bisa dihindari," ujar senator Lampung itu.

Menurut dia, e-Sertifikat berlaku untuk lahan yang belum pernah didaftarkan dan berlaku pula untuk lahan yang sudah memiliki sertifikat fisik.

Dalam aturan tersebut dijelaskan, e-sertifikat merupakan upaya pemerintah mewujudkan modernisasi pelayanan pertanahan guna meningkatkan indikator kemudahan berusaha dan pelayanan publik kepada masyarakat sehingga perlu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dengan menerapkan pelayanan pertanahan berbasis elektronik.

"Melalui program e-Sertifikat ini diharapkan masalah-masalah seperti sertifikat ganda, kasus mafia tanah yang merugikan masyarakat tidak ada lagi. Layanan e-Sertifikat bisa mempermudah mengurus hak tanah masyarakat," jelas Bastian. (*)

Downlaod gambar klik disini.


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID