Angin Kencang Melanda Lampung, Ini Penyebabnya

Selasa | 04/09/2018 15.46 WIB
Angin Kencang Melanda Lampung, Ini Penyebabnya
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/Anto RX

RILIS.ID, Bandarlampung – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar tetap waspada karena cuaca buruk tengah melanda wilayah Lampung.

Kasi Data dan Informasi BMKG Provinsi Lampung, Rudi Haryanto, mengatakan saat ini hampir seluruh wilayah Lampung dilanda cuaca buruk, berupa angin kencang dan gelombang tinggi.

Ini dikarenakan kuatnya angin Monsun Australia atau angin yang berhembus dari Benua Australia menuju Benua Asia, termasuk melewati Indonesia. Faktor lainnya, yakni perbedaan tekanan udara di belahan bumi utara dan bumi selatan.

“Ini yang membuat peningkatan kecepatan angin sehingga membuat kita rasakan Lampung bagian Selatan dan Barat potensi angin lumayan kencang hingga 8-16 knot,” kata Rudi kepada rilislampung.id, Selasa (4/9/2018).

Ia menjelaskan, selain adanya angin kencang, di wilayah perairan pesisir Lampung juga terjadi gelombang tinggi.

“Di wilayah pesisir Lampung itu bisa mencapai empat meter tinggi gelombangnya,” terangnya.

Rudi mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca buruk yang diperkirakan akan terjadi hingga awal Oktober 2018.

Masyarakat diminta kewaspadaan terhadap pohon tumbang. Jadi, sekiranya ada pohon rindang perlu dilakukan pemangkasan dan yang sudah tua perlu dilakukan penebangan dengan segera.

“Untuk wilayah pesisir diharapkan nelayan tradisional terhadap gelombang tinggi,”tambahnya.

Diketahui, akibat angin kencang, sebatang pohon kedondong hutan berdiameter di Jalan Gatot Subroto di depan Hotel Novotel Lampung, Selasa (4/9/2018) tumbang. Seorang pengendara motor pun tertimpa batang pohon.

Kabid Kesiapsiagaan BPBD Kota Bandarlampung, M. Rizki, mengatakan pohon tumbang tersebut terjadi sekira pukul 01.14 Wib.

"Ada pengendara yang tertimpa yaitu Sony (23) mengendarai motor honda beat dengan nomor polisi BE 2668 ABB warga Jalan Dr. Sutomo Gang Kangkung. Pengendara mengalami luka ringan pada bagian kaki," jelasnya. 

Rizki menjelaskan, selain di depan Novotel pohon tumbang juga terjadi di Jalan Untung Suropati, Labuhan Ratu.

"Lokasinya tepat di depan Stasiun Labuhan Ratu dan menutup akses jalan sekira pukul 05.30. Tim sudah kita turunkan dan kondisi saat ini aman terkendali," ujarnya.  (Baca Juga: Dua Rumah dan Gazebo Rusak Tertimpa Pohon). (*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)

 





2019 | WWW.RILIS.ID