Arinal Mau Rolling Besar-besaran, Ratusan ASN Pemprov Ikut Ukom
lampung@rilis.id
Selasa | 24/11/2020 17.12 WIB
Arinal Mau Rolling Besar-besaran, Ratusan ASN Pemprov Ikut Ukom
Inilah ratusan ASN yang mengikuti uji kompetensi di Hotel Horison, Selasa (24/11/2020). FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Bandarlampung – Gerbong mutasi kabinet Arinal-Nunik akan bergerak lagi. Jumlah pejabat yang bakal terkena rolling diprediksi cukup banyak.

Tanda bakal ada rolling besar-besaran dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mengikuti pelaksanaan uji kompetensi (ukom) pejabat administrasi atau setara eselon III di Hotel Horison, Bandarlampung pada Selasa (24/11/2020) siang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung Yurnalis mengatakan terdapat 191 Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti uji kompetensi.

Menurut dia, uji kompetensi diselenggarakan berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2015 tentang Aparatur Sipil Negara.

"Pejabat administrasi yang mengikuti uji kompetensi adalah ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung yang sudah menduduki kepangkatan III/d  selama tiga tahun atau lebih," kata Yurnalis dalam siaran persnya, Selasa (24/11/2020).

Yurnalis mengklaim pelaksanaan uji kompetensi kali ini melibatkan tim penilai yang telah terakreditasi nasional. Namun, ia tidak membeberkan siapa saja tim penilai tersebut.

Ia hanya bilang uji kompetensi untuk mendapatkan data potensi guna melengkapi data profil ASN. Kemudian mengimplementasikan program gubernur untuk meningkatkan pelayanan publik menuju rakyat Lampung berjaya dan sebagai data objektif dalam penempatan jabatan.

Sementara itu, Sekprov Lampung Fahrizal Darminto menyatakan setiap ASN harus memilki kompetensi, kode etik dan komitmen untuk mewujudkan ASN yang profesional.

"Ke depan kita akan laksanakan uji kompetensi untuk mendukung dalam pemenuhan jabatan pada bidang teknis. Ciri orang yang profesional adalah memiliki kompetensi yang terukur," klaim Fahrizal.

Terkait dengan situasi pandemi Covid-19, Fahrizal berpesan agar ASN harus dapat memberikan contoh kepada masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID