BPLHD-DKP Beber Proses Perizinan Pulau Tegal Mas - RILIS.ID
BPLHD-DKP Beber Proses Perizinan Pulau Tegal Mas

Rabu | 07/08/2019 15.49 WIB
BPLHD-DKP Beber Proses Perizinan Pulau Tegal Mas
Pulau Tegal Mas diduga melanggar perizinan. FOTO: IST

RILIS.ID, Bandarlampung – Kepala Bidang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) BPLHD Lampung Heri Munzaili menyebutkan izin tata ruang dan lokasi milik Pulau Tegal Mas sudah rampung pada 9 Juli 2019.

Meski begitu, Heri mengaku tidak langsung menerbitkan izin lingkungan. Menurutnya, proses tersebut berjenjang waktu dan ada pembahasan tim teknis dari unsur-unsur terkait.

"Jika pembahasan sudah selesai, baru dokumen tersebut kita serahkan ke Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) untuk bisa mengeluarkan izin lingkungan,” katanya, Rabu (7/8/2019).

“Memang proses izin sudah berjalan pada tanggal 22 Maret 2018 lalu. Namun, kelengkapan izin tata ruang dan lokasi belum dimiliki Tegal Mas. Maka tidak bisa dikeluarkan izin lingkungan, karena itu melanggar undang-undang,” sambungnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pengelolaan Ruang Laut Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Lampung Chandra Murni menambahkan bahwa pihaknya sudah mengeluarkan rekomendasi teknis (rekomtek).

"Nah, setelah kami memberikan rekomtek dokumen tersebut langsung diserahkan ke DPMPTSP untuk dikeluarkan izin lokasi, selanjutnya baru memproses izin lingkungan,” jelasnya.

Tidak sampai di situ, setelah diterbitkan izin lingkungan, pengelola Tegal Mas harus menyelesaikan izin pelaksanaan sebagai reklamasi wisata bahari.

“Jadi proses masih panjang, saran kita sebelum izin semua dikeluarkan wisata Pulau Tegal Mas jangan dulu melakukan aktivitas pembangunan, karena sudah ada peringatan dari KPK,” tuturnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID