Diduga Cabuli Mahasiswinya, Dosen Unila Ini Didakwa Pasal Berlapis
Muhammad Iqbal
Kamis | 27/09/2018 18.16 WIB
Diduga Cabuli Mahasiswinya, Dosen Unila Ini Didakwa Pasal Berlapis
Terdakwa Chandra Ertikanto (kopiah) saat menjalani persidangan perdana di PN Tanjungkarang, Kamis (27/9/2018). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/M.Iqbal

RILIS.ID, Bandarlampung – Dosen FKIP Universitas Lampung (Unila) Chandra Ertikanto (58) menjalani sidang perdana dalam perkara dugaan pelecehan seksual terhadap mahasiswinya berinisial DCL (21) di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Kamis (27/9/2018).

Jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Lampung Kadek Agus Dwi Hendrawan mendakwa terdakwa dengan pasal berlapis.

“Perbuatan terdakwa telah melanggar Pasal 290 ayat 1 juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP atau perbuatan terdakwa diancam pidana dalam Pasal 281 ke-2 juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP,” kata jaksa Kadek saat persidangan.

Dalam dakwaannya, jaksa Kadek menyebutkan bahwa terdakwa Chandra telah melakukan tindakan asusila terhadap mahasiswinya sebanyak tiga kali.

Perbuatan itu dilakukan terdakwa saat menjadi dosen pembimbing skripsi DCL. Bahkan terdakwa mengancam korban jika tidak mengindahkan nafsu bejatnya.

“Terdakwa meraba-raba tubuh korban. Dan terdakwa juga mengancam tidak akan meluluskan skripsi korban,” tutur jaksa Kadek.

Hakim Ketua Nirmala Dewita menunda persidangan hingga Senin (1/10/2018) dengan agenda eksepsi (keberatan) oleh terdakwa.

“Sidang kita lanjutkan Senin dengan agenda eksepsi sesuai permintaan yang diajukan oleh terdakwa,” tutup Hakim Ketua Nirmala Dewita dengan mengetuk palu.

Sementara kuasa hokum terdakwa Alhajar Syahyan mengaku sudah siap menghadapi proses persidangan tersebut.

“Kita kan ajukan esepsi, di situ juga nanti akan kita lampirkan beberapa berkas bukti chat klien kami, bahwa dalam bimbingan itu ada 17 pertemuan tapi yang jadi masalah itu dalam tiga pertemuan,” ujarnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID