Dukung Pelaku UMKM, Dendi Akan Siapkan Pinjaman Lunak Rp200 Juta per Desa
Darmansyah Kiki
Kamis | 29/10/2020 18.59 WIB
Dukung Pelaku UMKM, Dendi Akan Siapkan Pinjaman Lunak Rp200 Juta per Desa
Cabup Pesawaran Dendi Ramadhona melakukan kampanye tatap muka di Desa Persiapan Grujugan Baru, Kamis (29/10/2020). FOTO: IST

RILIS.ID, Pesawaran – Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Pesawaran bakal mendapatkan pinjaman lunak untuk menambah modal usaha.

Hal itu diungkapkan Calon Bupati (Cabup) Pesawaran nomor urut 2 Dendi Ramadhona saat kampanye tatap muka di Desa Persiapan Grujugan Baru, Kecamatan Negerikaton, Pesawaran, Kamis (29/10/2020).

Menurut Dendi, pelaku UMKM yang sudah tersebar di seluruh pelosok Pesawaran perlu mendapat dukungan modal untuk meningkatkan produktivitasnya.

Ia mencontohkan pelaku UMKM di daerah Grujugan Baru yang memiliki potensi industri rumah tangga pembuatan gula merah dan gula aren.

"Potensi industri gula merah harus kita tingkatakan, bila perlu nanti kita buat sentral pembuatan gula merah sehingga nantinya daerah-daerah lain ngambilnya di Grujugan Baru," kata Dendi.

Untuk mendukung pelaku UMKM, Dendi akan menyiapkan program pinjaman lunak sebesar Rp200 juta per desa melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Bantuan tersebut akan disalurkan kepada pelaku UMKM yang memiliki usaha untuk meningkatkan produktivitas usaha mereka.

"Nantinya saya siapkan program pinjaman lunak setiap desa masing masing disiapkan Rp200 juta, 10 sampai 20 UMKM akan diberikan pinjaman sekitar Rp10 sampai dengan Rp20 juta. Tentunya dana ini akan dipergunakan untuk meningkatkan produktivitas usahanya,” jelas Dendi.

Dendi pun menegaskan akan mempermudah proses persyaratan pengajuan pinjaman dana tersebut.

"Untuk perizinan kita akan permudah dan tidak seruwet seperti peminjaman bank konvensional," pungkasnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID