Formasi Guru dan Teknis Paling Diminati Pelamar CPNS

Jumat | 22/11/2019 07.14 WIB
Formasi Guru dan Teknis Paling Diminati Pelamar CPNS
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/ Anto RX

RILIS.ID, Bandarlampung – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung merilis jumlah pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui portal sscasn.bkn.go.id untuk formasi CPNS Pemprov Lampung.

Berdasarkan rekap data statistik pada Kamis (21/11/2019), tercatat 7.506 orang sudah mengisi formulir secara online dan 4.299 pelamar telah menyerahkan formulir pendaftarannya.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala BKD Lampung Yurnalis mengatakan, formasi yang paling banyak diminati yaitu tenaga guru dan teknis.

"Namun, kita belum mengetahui berapa angka (Jumlah pelamar) kedua formasi tersebut. Pada intinya, formasi favorit yang diminati, ya itu (Guru dan teknis),” katanya.

Sementara pengamat kebijakan publik Universitas Lampung Eko Budi Sulistio menyatakan rekrutmen CPNS harus lebih transparan, sehingga semua orang mengetahui setiap tahapan.

Hal ini menurutnya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Ia berharap tahapan pendaftaran, administrasi, tes dan pengumuman, dapat dilakukan terbuka untuk menghindari kolusi dan nepotisme.

Menurut Eko, untuk menentukan aparat birokrasi yang berkualitas bukan hanya lewat CAT saja. Ia menilai tes kompetensi tidak kalah pentingnya.

"Untuk menguji kompetensi ini, maka saran saya libatkan perguruan tinggi untuk menghindari orang-orang titipan. Sehingga pemerintah bisa benar-benar mendapatkan CPNS yang qualified,"  katanya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID